Upacara HUT ke-75 RI Tahun Ini Tanpa Paskibraka

KBRN,Takengon : Pelaksanaan upacara bendera Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-75 pada 17 Agustus 2020 mendatang, akan berlangsung dengan sejumlah protokol kesehatan dan peserta yang terbatas.

Termasuk dalam jumlah petugas pada prosesi upacara penaikan maupun penurunan bendera, yang  biasanya terdiri dari puluhan pelajar yang tergabung dalam pasukan Pengibar bendera Pusaka (Paskibraka) kini ditiadakan.

Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Aceh Tengah Jumadil Enka mengatakan, nantinya hanya terdapat Tiga orang petugas yang merupakan Purna Paskibraka setempat pada HUT RI tahun 2019 lalu.

“Sesuai surat pedoman yang kita terima, dalam upacara bendera HUT RI ditengah pandemi Covid-19, tidak ada Paskibaraka, nanti hanya ada Tiga orang petugas, yang kita ambil dari Paskibraka tahun lalu,” katanya, Selasa (14/7/2020).

Dengan demikian, bagi pelajar yang sebelumnya telah dinyatakan lolos dalam pelaksanaan seleksi Paskibraka 2020 terpaksa dibatalkan, dimana pihaknya akan segera menyurati setiap sekolah dari para siswa bersangkutan.

“Kita kan sudah lakukan seleksi beberapa bulan lalu, tapi terpaksa kita batalkan, serta tidak ada lagi seleksi lanjutan, jadi dalam waktu dekat kita akan surati sekolah-sekolah, yang telah mengirimkan siswanya,” tambah Jumadil.

Sementara, pelaksanaan upacara HUT RI ke-75 sesuai pedoman Menteri Sekretaris Negara dengan nomor B-492/M.Sesneg/Set/TU.00.04/07/2020 akan berjalan sederhana namun tetap diupayakan berlangsung khidmat dalam mensyukuri kemerdekaan.

Dalam protokol yang akan diterapkan di istana negara dan seluruh daerah lainnya di tanah air, seluruh peserta yang terlibat dalam upacara penaikan maupun penurunan bendera juga wajib menggunakan masker dan sarung tangan.(FJ)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00