Situs Sejarah di Bener Meriah, Masuk API 2020

KBRN, Redelong: Sejarah tidak boleh dilupakan itulah sepengal kata yang sering kita dengar sekarang ini, begitu juga dengan situs sejarah Tugu Perjuangan Radio Rimba Raya yang berada di Kampung Rimba Raya, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah, Aceh.

Pada tanggal, 1 Juli 2020 tim komite seleksi Anugerah Pesona Indonesia (API) menetapkan, salah satu situs sejarah di Indonesia, yang berada di Kabupaten penghasil kopi itu masuk dalam nominasi tersebut.

Kepala Desa Rimba Raya Muklis saat dikonfirmasi RRI menyampaikan, tugu tersebut di bangun sebagai pengingat sejarah perjuangan Radio Rimba Raya yang berperan penting dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia, dari agresi meliter Belanda ke-II tahun 1948.

“Kami khususnya masyarakat Rimba Raya sangat mendukung masuknya Situs Tugu Radio Rimba Raya dan mudah-mudahan situs sejarah dan Ekowisata Damaran Baru bisa juara API 2020,” kata Reje Rimba Raya, Muklis, Sabtu (11/7/2020).

Tambahnya, tugu tersebut di resmikan oleh Menteri Koperasi/Kepala Badan Logistik, Bustanil Arifin pada tanggal 27 Okteber 1987.

“Semoga sejarah Radio Rimba Raya bisa di masukan kedalam kurikulum pembelajaran dari tingkat SD-Universitas supaya sejarah di Indonesia tidak hilang di makan waktu,” timpalnya.

Harapannya untuk pemerintah pusat dan daerah, supaya situs sejarah ini dapat lebih diperhatikan lagi.    

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00