RRI-RAPI Sepakat Jalin Kerjasama Percepatan Penyampaian Informasi

KBRN, Takengon: Radio Republik Indonesia (RRI) Takengon dan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Aceh Tengah dan Bener Meriah pada Jumat 10 Juli 2020, melakukan penandatangan kerjasama (MoU)  tentang pertukaran informasi dan berita guna menyajikan informasi tercepat dan akurat kepada public.

Proses Mou dilaksanakan di Kantor RRI Takengon, Jalan Lembaga-Kemili, Kecamatan Bebesen, Aceh Tengah, dihadiri langsung Ketua RAPI Aceh Tengah Jauhari da Ketua RAPI Bener Meriah Adi Syahputra Ariga Mandala.

Kepala RRI Takengon Muhsin Zein menyampaikan RRI dan RAPI sama-sama di udara dan menyampaikan informasi kepada masyarakat Indonesia.

Adanya MoU tersebut, jelas Muhsin Zein, diyakini penyampaikan informasi semakin lebih cepat dan segera tersampaikan ke masyarakat, utamanya informasi penting di wilayah Aceh Tengah, Bener Meriah dan Gayo Lues, yang merupakan wilayah kerja RRI Takengon.

“Dengan kondisi keterbatasan jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) yang kami miliki, ini masih sangat terbatas. Dengan adanya temen-temen RAPI tentunya nanti penyampaikan informasi apapun itu bentuknya yang penting untuk masyarakat, dengan catatan akurat dan benar, kita bisa saling berkomunikasi untuk bisa segera disampaikan ke masyarakat,” ujar Kepala RRI Takengon Muhsin Zein, Jumat (10/7/2020).

Ditambahkan mantan Kabid Program dan Produksi Pemberitaan, Direktorat Program dan Produksi (Dir-PP) RRI Pusat itu, RRI Takengon juga siap berbagi ilmu kepada RAPI di wilayah tengah Aceh tersebut untuk menyampaikan informasi melalui frekuensi yang dipancarluaskan RRI.

“Kalau untuk berbagi terkait dengan bagaimana menyampaikan informasi di RRI, ini beda ya, menyampaikan informasi di RAPI kan gayanya beda (dengan RRI). Nah, bisa kita atur waktunya temen-temen RAPI dan Pemberitaan, bagaimana menyampaikan Report On the Spot (ROS) untuk ya paling tidak mirip-mirip dengan gaya RRI, enggak terlalu jauh. Kalau cara berkomunikasi temen-temen RAPI udah pada lihai menyampaikan informasi,” timpalnya.

Terakhir, Muhsin berharap, MoU tidak sekedar tandatangan di atas kertas, melainkan dapat di realisasikan dan di aplikasikan untuk kemajuan RRI dan RAPI.

Sementara itu Ketua RAPI Aceh Tengah Jauhari menyampaikan siap mendukung program RRI, utamanya dalam bidang penyampaikan informasi kebencanaan.

“Apresiasi kami dari anggota RAPI. Mudah-mudahan bisa kita bina sampai akhir kelak nanti,”ujarnya.

Hampir senada apa yang disampaikan Jauhari, Ketua RAPI Bener Meriah Adi Syahputra Ariga Mandala mengaku bangga atas jalinan kerjasama tersebut.

“Kedepan, kami butuh bimbingan seperti apa kerjasama kedepan. Kami siap. Yang penting seperti disampaikan Dirut RRI, membantu NKRI, tanpa pamrih. Itu. Jadi kedepan bagaimana kedepannya terkait perjanjian ini, kami siap. Kami tunggu apa yang diprogramkan kedepan,” demikian Mandala, yang juga seorang Jurnalis media online dataran tinggi Gayo.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00