Antisipasi Karhutla, Warga diminta Tak Bakar Lahan Saat buka Lahan Pertanian

KBRN, Redelong : Memasuki musim kemarau,seluruh elemen di kabupaten Bener Meriah diminta ikut mengantisipasi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

“Untuk mengantisipasi Karhutla itu, mulai sekarang langkah konkrit harus dilakukan Pemerintah Kabupaten Bener Meriah melalui Camat, Reje Kampung dan elemen masyarakat lainnya dalam menangkal hal itu.” kata Bupati Bener Meriah  Tgk. H. Sarkawi, Jum’at (3/7/2020).

Oleh karena itu phaknya juga mengimbau agar masyarakat tidak membuka lahan pertanian atau perkebunan dengan cara dibakar, karena dikhawatirkan api dapat menyebar ke arela yang lebih luas.

Begitupun masyarakat juga didorong untuk berpartisipasi aktif dalam meberikan informasi an kepada aparatur kampung, BPBD maupun aparat TNI dan Polri terdekat jika melihat terjadinya karhutla agar dapat segera diatasi

“Kepada seluruh Camat dan Reje Kampung se-Kabupaten Bener Meriah untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayahnya masing-masing, salah satunya adalah teruslah melakukan himbauan dan sosialisasi kepada masyarakat akan bahaya membakar.” ujarnya

Bupati  Bener Meriah Sarkawi juga menegaskan  bagi para pelaku karhutla yang terbukti, dapat dikenakan sanksi hukum baik berupa denda maupun kurungan.  Oleh sebab itu ia mengajak semua pihak untuk bersama-sama  menjaga kelestarian lingkungan dan hutan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00