Damaran Baru, Bentuk LPHK

KBRN, Redelong:Demi menjaga kelestarian alam, masyarakat Desa Damaran Baru,Kecamatan Timang Gajah, Kabupaten Bener Meriah, membentuk sebuah kelompok peduli lingkungan yang di beri nama Lembaga Pengelola Hutan Kampung (LPHK).

Abdul Gani, selaku Kepada Desa Damaran Baru kepada RRI mengatakan, pihaknya mendukung penuh kegiatan yang dilakukan warganya, karena kegiatan tersebut bisa mengurangi dampak banjir yang sering terjadi di daerah itu dan juga menjaga hutan tetap lestari.

“Selama ini seperti kita ketahui daerah ini ada aliran sungai dan pernah terjadi banjir bandang, ini mungkin yang memotivasi ibu -ibu mendirikan kelompok LPHK,” ungkapnya, Senin (1/6/2020).

Tidak hanya menjaga hutan lindung, mereka juga membuat pembibitan yang nantinya di tanam kembali kehutan tersebut, dan daerah ini merupakan daerah kedua di indonesia yang mengelola hutan desa oleh kelompok perempuan.

Sumini ketua LPHK menjelaskan, kelompok kami telah bergerak sejak tahun 2010 selanjutnya 2018 kami didampingi Hutan Alam Lingkungan Aceh (HAKA) dan pada tanggal 24 November 2019 baru di resmikan oleh Bupati Bener Meriah Tgk H.Sarkawi.

“Yang kami lakukan diawal tahun 2020 ini adalah pembibitan, untuk ditanam di areal yang gundul karena sebahagian hutan dulunya banyak ditebang oleh pihak yang tidak bertanggung jawab,”.

Lanjutnya, tanaman yang akan di budidayakan seperti Pokat, Jambu biji dan juga jenis buah lainnya, selain bisa menghasilkan juga bisa menghijaukan hutan seperti sediakala.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00