Sebagian Rumah Warga Desa Gunung Balohen Aceh Tengah Diterjang Banjir Luapan

KBRN, Takengon: Hujan pada Jumat 29 Mei 2020 dini hari di Kabupaten Aceh Tengah, mengakibatkan banjir luapan menerjang sebagian pemukiman penduduk desa Gunung Balohen, Kecamatan Kebayakan Kabupaten Aceh Tengah.

Seoarang warga dusun Ujung Kite tidak menyebutkan identitas menyampaikan bahwa hujan pada pukul 24.00Wib cukup membuat warga yang tinggal berdekatan dengan sungai khawatir.

Kekhawatiran itu menjadi kenyataan, air sungai meluap hingga menggenangi lantai rumah warga.

Sejumlah warga sempat terjebat dalam rumah dan tidak dapat keluar, karena jalan yang biasa digunakan terendam luapan air.

“Seginilah (lutut orang dewasa), inipun udah ketutup semalam ini, Meunasah itu kan ketutup tangganya. Rumah terendam (lantai) itu, mana bisa keluar (jalan) ketutup (air). Jam 12 malam hujan udah datang, jam 1 udah mulai (meluap) jam 3 malam udah sedikit (mulai surut) sampai sekarang (surut),” kata warga, Jumat (29/5/2020) pagi.

Banjir luapan diakui warga setempat sudah sering terjadi setiap tahunnya. Hal itu dikarenakan tempat tinggal warga yang memang berdekatan langsung dengan bibir sungai. Ditambah lagi aliran sungai yang perlu pelebaran dan kurang dalam.

“Parah juga tahun lalu, tapi enggak sampai kayak gini. Terendam juga. Iya paret kecil sama kurang dalam. Maunya kan ada pelebaran aliran sungai,” demikian warga desa Gunung Balohen.

Sementara dilaporkan untuk desa Gunug Balohen sedikitnya 9 rumah terdampak luapan banjir.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00