Pasca Lebaran, Sampah Menumpuk di Takengon, Alat Berat Dikerahkan untuk Membersihkan

KBRN, Takengon : Petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup Aceh Tengah, BPBD dibantu Komunitas Gayo Peduli Kemanusiaan (KGPK) serta Laskar Merah Putih bersihkan sampah yang berserekan di jalan tengah Paya Iilang, Bebesen, Kota Takengon, kabupaten setempat, Rabu (27/5/2020) pagi.

Baca Pemda Tolak Disebut Aceh Tengah Darurat Sampah

Pembersihan membutuhkan waktu sekitar lima jam, dimulai dari pukul 09.00 Wib hingga pukul 14.00 Wib. Pembersihan turut dibantu satu unit alat berat jenis beko.

“Banyak itu, tadi yang penuh saja lima kontainer sampah,” kata koordinator KGPK Ernawati.

Ia mengaku banyak tumpukan sampah yang berserakan di luar kontainer. Kondisi itu diperkira akibat keterbatasan daya tampung lantaran tingginya volume sampah jelang dan pasca hari raya.

Erna mengajak agar masyarakat sadar dan dapat menjaga kebersihan lingkungan masing-masing. Ia juga meminta agar masyaralkat membuang sampah pada tempat yang telah disediakan pemerintah.

Baca juga Atasi Sampah, Pemda BM Gandeng Perusahaan Medan

Jalan tengah Paya Ilang mulai dipenuhi tumpukan sampah sejak H-1 Idul Fitri 1441 Hijriah. Sampah yang berserakan di badan jalan bahkan sempat menjadi viral di sejumlah media sosial. Dari amatan rri, tumpukan sampah juga terjadi di sejumlah titik di Kota Takengon seperti di terminal lama dan kawasan pasar inpres.

Dinas lingkungan Hidup Aceh Tengah sendiri pada hari H lebaran juga telah mengerahkan sejumlah petugas kebersihan untuk membersihkan sampah.

Baca Petugas Kebersihan di Takengon Lembur di Hari Pertama Idul Fitri

Foto @KGPK

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00