Tanaman Lemon Bisa Jadi Barrier Gajah?

KBRN, Redelong: Pemerintah Daerah Bener Meriah terus mencari cara untuk dapat menghalau gajah liar yang kerap masuk ke perkebunan dan pemukiman warga di Kecamatan Pintu Rime Gayo.

Bupati Bener Meriah Sarkawi mengaku, pihaknya telah membentuk satu barrier berupa parit raksasa yang ditanami serai wangi dan nilam  agar sang hewan bertubuh besar tersebut tidak dapat melewatinya.

Namun demikian penghalau itu sebutnya masih belum mampu menahan iringan kelompok gajah itu.

Untuk itu Pemerintah Daerah terus berupaya menambah barrier dengan tanaman lainnya seperti  lemon yang dinilai sebagai salah satu tanaman yang mampu menghalau gajah liar.

“Selama ini kita sudah buat barrier buatan semacam galian tapi dinilai tidak hewani, saya mau ada jenis tanaman yang kita tanam tapi tidak disukai oleh gajah, jadi kita juga akan tanami jeruk lemon disepanjang pinggir galian buatan itu,” terangnya.

Selain sebagai pembatas pungkasnya, jeruk lemon dinilai juga dapat menjadi salah satu penghasilan tambahan oleh masyarakat sekitar.

Pihaknya ungkapnya, telah mengajukan permohonan pengadaan bibit lemon ke pihak Pemerintah Provinsi dan berharap dapat menjadi pertimbangan agar konflik gajah dan manusia tidak lagi menjadi polemik berkepanjangan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00