Antisipasi Karhutla, Babinsa Intensif Himbau Warga Tidak Bakar Lahan

KBRN, Takengon: Jajaran TNI Kodim 0106 Aceh Tengah menerjunkan Bintara Pembina Desa (Babinsa) door to door menemui masyarakat untuk tidak membakar lahan sembarangan.

Hal itu untuk mencegah terjadinya kebakaran lahan dan hutan di Kabupaten Aceh Tengah yang merupakan daerah pegunungan dan memiliki hutan.

Danramil 06/Silihnara Kapten Inf. Iwan Mulyawan menyampaikan Babinsa secara berkala turun ke masyarakat memberi pemahaman untuk tidak membakar lahan secara sembarangan.

Ungkapnya, masih dibolehkan membakar, akan tetapi dengan catatan tetap dijaga agar api tidak merembet atau menyebar ke lahan atau bahkan hutan.

“Kami Pak. Intensif Babinsanya ke Kampung, ke wilayah, menyampaikan ke warga, kalau buka kebun atau apa namanya, janganlah dengan upaya membakar. Boleh bakar-bakar, maksudnya di lokalisasi. Kumpulkan satu tempat bakar, nah itu jadi kebun yang bagus,” ujar Danramil 06/Silihnara Kapten Inf. Iwan Mulyawan, Rabu (18/9/2019)

Langkah antisipatif yang diterapkan tersebut, papar Kapten Iwan, cukup membuahkan hasil, walau masih ada beberapa warga yang membandel. Namun hal tersebut cepat di atasi.

Danramil 06/Silihnara Kapten Inf. Iwan Mulyawan mengungkapkan sejumlah daerah yang rawan terjadi kebakaran lahan dan hutan di wilayah teritorialnya adalah Kecamatan Celala, Rusip Antara dan Kecamatan Silih Nara.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00