Ya Ampun! Pasien Melahirkan di Jamat Dirujuk ke Puskesmas dengan Mobil Angkut Barang

Tangkapan layar pasien melahirkan diangkut dengan mobil barang

KBRN, Takengon: Viral di media social seorang warga desa Delung Sekinel, Kemukiman Wih Dusun Jamat, Kecamatan Linge, Kabupaten Aceh Tengah melahirkan dan dirujuk ke Puskesmas Ketapang dengan menggunakan mobil angkut barang.

Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Ketapang, Halijatun membenarkan jika pada Jumat 7 Mei 2021 ada warga di Kemukiman Wih Dusun Jamat melahirkan butuh rujukan dan ternyata dirujuk dengan mobil pengangkut kerbau.

Hal itu dikarenakan mobil ambulance yang diberikan Gubernur Aceh Nova Iriansyah untuk Kemukiman tersebut tidak berada di tempat dan dibawa oleh Penanggung jawab mobil ambulance ke Takengon.

“Pas saya dengar saya marah. Saya marah sama Bidan Desa, sama penanggung jawab mobil Ambulance sama petugas Pustu. Bu Kasmidah, Ibu dimana itu orang mau melahirkan di Delung Sekinel pembukaan lengkap, yang nolong Bidan Desa dua-dua enggak ada, itu pasien mau dibawa ke Puskesmas ambulance enggak ada,” katanya kepada RRI, Sabtu (8/5/2021).

Peringatan tentang kendaraan ambulance harus berada di tempat timpal Kepala PKM sudah sering disampaikan kepada penanggung jawab mobil ambulance, namun tidak diindahkan sehingga terjadi kasus seperti sekarang ini.

“Saya jauh-jauh hari sudah kasih tahu ke orang itu (tenaga kesehatan di Wih Dusun Jamat) kalian ada tiga orang petugas kesehatan di wilayah timur, kalau memang mau pergi bergantian, jangan semua pergi dan satupun enggak ada yang tinggal. Cuman yang namanya staf enggak selalu mendengar arahan saya, akhirnya melanggar,” tegasnya.

Informasi yang berhasil dihimpun RRI, pasien yang membutuhkan pertolongan tersebut sudah berada di RS Datu Beru Takengon.

Sementara disinggungapakah ada sanksi, pihaknya melaporkan peristiwa yang memalukan tersebut ke Dinas Kesehatan Aceh Tengah.

Ikuti terus pekembangan berita terbarunya hanya di rri.co.id/takengon

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00