Rutan Takengon Canangkan Program Antar Jemput Titipan

KBRN, Takengon : Dalam rangka menuju Zona Integritas (ZI), Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Takengon, Aceh Tengah, terus membenah, baik dari segi pembinaan maupun pelayanan.

Dari sisi pelayanan misal, ada sejumlah fasilitas yang diberikan secara cuma-cuma alias gratis kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) seperti layanan video call dengan keluarga yang berbasis aplikasi mobile WhatsApp.

Bahkan, manajemen Rutan sedang merumuskan program layanan antar jemput titipan untuk wilayah kota Takengon.

"Layanan antar jemput lagi kita susun demi kemudahan masyarakat," kata Plt Ka. Rutan Takengon Husni kepada rri, Kamis (6/5).

Dari sisi pembinaan katanya, manajemen juga terus berupaya meningkatkan kemampuan WBP dalam berbagai keterampilan untuk menuju kehidupan yang lebih baik saat mereka kembali ke lingkungan masyarakat.

Pemahaman keagamaan dan bekal ilmu pengetahuan lainnya kata Husni, juga menjadi prioritas utama pembinaan. Ini penting menurut Husni, guna memberi penguatan hukum agama dan hak-hak kewarganegaraan dalam hidup bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

"Tujuannya agar mereka tidak kembali terjerat hukum, hidup mereka saat selesai menjalani hukum jadi lebih baik, itu saja," kata Husni.

Dikatakan, guna mendukung terwujudnya program pembinaan dan pelayanan yang baik, manajemen Rutan juga sudah melakukan enam area perubahan; Penataan Tata Laksana, Penataan Sistem Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas, Penguatan Pengawasan, Manajemen Perubahan, dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.

Berikut daftar pelayanannya yang dapat diperoleh dari Rutan Takengon periode Januari-April;

1. Layanan parkir gratis

2. Layanan titipan.3

3. Layanan video call

4. Layanan kesehatan WBP

5. Layanan penempatan (barak hunian) 

6. Layanan self service

7. Layanan pendidikan/ perpustakaan. 

8. Layanan pembinaan keagamaan.

9. Layanan pembinaan integrasi PB, CB, CMB asimilasi. 

10. Layanan antar jemput titipan untuk wilayah Takengon (dalam proses)

11. Layanan informasi

12. Layanan pengaduan

13. Layanan bantuan hukum

14. Pelayanan untuk disabilitas

15. Layanan Tempat ibu menyusui

16. Aplikasi layanan titipan/pendaftaran online no antri (dalam proses) 

17. Kemudahan untuk memperoleh informasi dan syarat mendapatkan semua layanan yg tersedia di Rutan.

18. Layanan pembinaan latihan kerja.

19. Layanan pembinaan olahraga.

20. Layanan sidang online.

21. Layanan dapur umum.

22. Layanan kebersihan.

23. Pos pelayanan masyarakat dengan petugas dibantu dari duta layanan menggunakan bahasa daerah (Gayo-Red)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00