Dyah Resmikan Ruang Bermain Ramah Anak Terintergrasi TARASA

KBRN,Banda Aceh: Ketua Tim Penggerak PKK Aceh Dyah Erti Idawati, meresmikan Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) Taman Ratu Safiatuddin (TARASA), Minggu (3/7/2022).

Peresmian RBRA TARASA ini menjadi yang pertama dan satu-satunya di Aceh, pusat bermain anak yang memenuhi standardisasi dan sertifikasi dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Dalam sambutannya, Dyah menghadirkan pengalaman RBRA TARASA, merupakan salah satu pemenuhan hak bagi setiap anak di Aceh.

Seperti yang termaktub di Pasal 31 Konvensi Hak Anak Tahun 1989 di Kota New York, Amerika Serikat, yang menegaskan, Negara mengakui hak anak untuk bersantai dan bersantai, untuk bermain dan turut serta dalam kegiatan rekreasi yang sesuai dengan usia anak, dan untuk berpartisipasi secara bebas dalam kehidupan budaya dan seni.

"Kehadiran RBRA menjadi hal penting demi mewujudkan hak bermain anak, dapat memberikan kesempatan pada perkembangan kreativitas, imajinasi, dan kepercayaan diri anak, hal itu juga berpengaruh pada perkembangan kognitif, motorik, sosial, dan emosional mereka melalui sarana yang terintergrasi tersebut," katanya.

Dyah menjelaskan, RBRA adalah ruang atau wadah bagi anak, yang akan mengakomodir setiap kegiatan bermain mereka, dengan jaminan keamanan, nyaman, serta terlindungi dari berbagai tindak kekerasan dan hal-hal diskriminatif yang dapat membahayakan anak.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar