Tim USK Kembangkan Kurikulum Magister IND.40 di Yunani

KBRN, Aceh : Tim Universitas Syiah Kuala ikut berpartisipasi dalam kegiatan studi visit berupa project meeting dan dissemination event sebagai bagian dari program Erasmus+ berkaitan dengan pengembangan kurikulum Program Magister Ind4.0, pada tanggal 18-20 Mei 2022 di Patras, Hellenic Open University (HOU), Yunani.

 Kegiatan ini melibatkan 15 partner konsorsium baik dari universitas maupun institusi dari Asia dan Eropa, yaitu dari Malaysia terdiri dari Universiti Teknologi Mara, Universiti Teknologi Malaysia dan Universiti Kuala Lumpur,  dari Kamboja terdiri dari University of Heng Samrin Thbongkhmum, University of Battambang dan Mean Chey University.

Negara-negara dari Eropa yang terlibat dalam kegiatan ini adalah  Hellenic Open University (Yunani), Guglielmo Marconi University dan Sapienza University (Italia) serta beberapa patner dari Jerman (BK-Con), Skybridge Partner dan AMC (Yunani).

Sementara dari  Indonesia diwakili oleh dua univeristas yaitu USK dengan koordinator Prof. Dr. Ir. Samadi, M.Sc. dan tim dari Universitas Sumatera Utara yang diketuai oleh Dr. Emerson Pascawira Sinulingga, S.T., M.T. Adapun koordinator konsorsium Ind4.0 ini adalah Universitas Teknologi Mara (UTM) Malaysia. Dalam pengimplementasiannya di USK, program studi Magister Ind4.0 tersebut berada di bawah Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik USK

Study visit ini bertujuan untuk merumuskan aspek utama yang diperlukan untuk pengembangan kurikulum berbasis Industri 4.0 seperti pengembangan materi pembelajaran, capacity building HEI staff dan infrastruktur laboratorium, perencanaan program internship, dan presentasi progress report dari koordinator WP2, WP4, WP5, dan WP6.

Sebagaimana diketahui bahwa projek ini dibagi menjadi 7 program kerja (Work Package/WP), yaitu : WP-1 berkaitan dengan identification of similar curriculum, WP-2 berkaitan dengan pengembangan kurikulum, WP-3 berkaitan dengan materi pembelajaran, infrastruktur lab dan capacity building, WP-4 berkaitan dengan pembukaan program studi dan akreditasi, WP-5 berkaitan dengan quality assurance dan monitoring, WP-6 berkaitan dengan dissemination and exploitation, dan WP-7 berkaitan dengan management and coordination.

Project meeting dan study visit ini juga dihadiri oleh Prof. Dr. Ir. Samadi, M.Sc., Dekan Fakultas Pertanian, sekaligus Koordinator Erasmus+ di USK, Dr. Kahlil Muchtar, Koordinator Prodi Teknik Komputer USK, Dr. M. Syukri Subakti, S.Si, M.Si. (Koordinator Prodi D3 Teknik Elektronika), dan Yudha Nurdin, S.T., M.T. (Dosen Prodi Teknik Komputer).

Pada hari pertama, peserta diperkenalkan dengan Hellenic Open University (HOU) dan review terkait dengan Ind4.0 project. Selain itu, peserta juga berkesempatan mengikuti kegiatan kunjungan pada lab SST Laboratories dan OnLabs Virtual Lab pada Hellenic Open University (HOU). Pada hari kedua, peserta mengikuti pemaparan dari partner HOU terkait smart cities dan machine learning yang dilanjutkan dengan diskusi mengenai masa depan dari edukasi Industry4.0.

Pada hari terakhir kegiatan ditutup dengan pembahasan dari masing-masing working group dalam persiapan untuk pelaksanaan master degree in Industry 4.0. Sampai saat ini USK telah berpartisipasi dalam sembilan kegiatan Erasmus+ yaitu: EXPERTS Program, INDOPED, SPIRE, S-FARM, DS/AI, Ind4.0, OPTBANK, UN4DRR, SPIRIT dan CABNEI.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar