Lulusan Perguruan Tinggi Harus Mampu Ciptakan Lapangan Kerja

KBRN, Takengon : Lulusan perguruan tinggi diharapkan mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagai dirinya maupun oranga lain. Hal itu disampaikan bupati Aceh tengah Shabela Abubakar  dalam sambutannya pada acara wisuda 582 mahsiswa program pasca sarjana (S2) dan strata satu (S1) ddihalam biro rektorat IAIN Takengon, Selasa (28/12/2021).

Disebutkan, pelaksanaan wisuda selalu berkorelasi langsung dengan rasa bahagia yang dirasakan para mahasiswa, orang tua dan civitas akademika, karena prosesi wisuda menandakan diraihnya tiel akademi oleh segenap mahasiswa setelah sekian lama mencurahkan tenaga dan fikiran untuk menyelesaikan perkuliahan.

Namun demikian ungkapnya tantangan kedepan bagi para lulusan perguruan tinggi  tidaklah mudah dan bakal cenderung lebih sulit salah satunya semakin ketatnya persaingan untuk menembus dunia kerja. Ketersedian lapangan kerja dari tahun ke tahun selalu lebih sedikit dibandingkan jumlah usia kerja atau usia produktif.

“Bukan cerita baru kalau saat ini banyak sarjana yang menganggur, karena itu tidak ada jalan lain mahasiswa harus tegas dengan dirinya sendiri dan  kampus juga harus ketat menjaga kualitas. Bagi lulusan IAIN Takengon kami tekankan, jika tidak ada lagi kerja yang bisa dilamar para alumni diharapkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan,’ ungkapnya

Dengan bekal ilmu dan pengetahuan yang diperoleh selama masa perkuliahan pihaknya meyakini para lulusan perguruan tinggi tersebut mampu menciptakan lapangan pekerjaan.

 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar