Rayakan Momentum Cetak Talenta Digital, Kominfo Luncurkan Program DTS 2022

KBRN, Jakarta : Pemerintah terus membangun dan menyediakan akses teknologi digital agar setiap masyarakat mendapatkan peluang yang sama bekerja dan lebih produktif. Pada saat bersamaan Pemerintah juga menyiapkan sumberdaya manusia atau talenta digital agar Indonesia lebih kompetitif dan menjadi salah satu pemimpin dalam digitalisasi ekonomi global.

Presiden Joko Widodo menyatakan Indonesia membutuhkan talenta digital kurang lebih 9 juta orang untuk 15 tahun ke depan. "Ini perlu betul-betul sebuah persiapan untuk kurang lebih 600 ribu orang per tahun, sehingga kita bisa membangun sebuah ekosistem yang baik bagi tumbuhnya talenta-talenta digital kita," ujarnya tahun lalu saat menginisiasi Akselerasi Transformasi Digital Nasional. 

Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan Program Digital Talent Scholarship (DTS) dan Digital Leadership Academy (DLA) untuk menyiapkan talenta dan pemimpin digital. Lewat dua program itu, Menkominfo Johnny G. Plate menyatakan Pemerintah mencetak talenta digital nasional agar mempercepat Indonesia menjadi bangsa digital. 

"Transformasi digital nasional terus kita upayakan di berbagai lini kehidupan. Intensifikasi itu berimplikasi pada meningkatnya kebutuhan akan talenta digital yang akan menjadi navigator utama penggerak ekosistem digital," tuturnya.

Dua program itu akan diluncurkan besok, Selasa (17/05/2022) dari Yogyakarta dalam rangkaian side event Sidang Kedua Digital Economy Working Group (DEWG) G20 Presidensi Indonesia 2022. Lewat Grand Launching of The National Digital Talent Program: A Momentous Milestone to Scoring Stellar Digital Talents, Indonesia akan menunjukkan pada delegasi Sidang Kedua DEWG Presidensi G20 Indonesia, mengenai kolaborasi mencetak talenta digital nasional.

"Kominfo menyiapkan program Digital Talent Scholarship (DTS) dan Digital Leadership Academy (DLA) sebagai inisiatif konkret untuk mempercepat pengembangan talenta digital nasional," ungkap Menteri Johnny.

Program pengembangan talenta digital nasional adalah program besar yang membutuhkan kolaborasi lintas lembaga.  "Perjalanan panjang Digital Talent Scholarship sebagai beasiswa pelatihan intensif bidang digital, adalah bukti nyata Indonesia untuk bertranformasi digital," tegas Menkominfo.

Acara Grand Launching of The National Digital Talent Program: A Momentous Milestone to Scoring Stellar Digital Talents akan disiarkan langsung secara live Live on di Kompas TV, TVRI Nasional, Jawapos Grup TV, Vidio.com, MAXStream dan Youtube Digitalent Media mulai pukul 15:30 WIB. Acara ini akan dimeriahkan oleh Weird Genius, Rizky Febian, Rinni Wulandari, Cita Citata, Gilang Dirga, James Adam dan Fivein serta dipandu oleh Host Ananda Omes dan Hesti Purwadinata. (Rel)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar