Kampung Umelah raih tropi Proklim! Apa itu? Baca disini

KBRN, Blang Kejeren: Kampung Umelah Kecamatan Blangpegayon kabupaten Gayo Lues terima tropi Proklim tingkat utama Nasional.

Dari 4 Desa di Provinsi Aceh yang mengikuti verifikasi Nasional Program Kampung Iklim (Proklim) 2021, kampung Umelah Kecamatan Blang Pegayon Kabupaten Gayo Lues berhasil meraih tropi Kampung Iklim Utama.

Sementara itu 3 desa dari Provinsi Aceh lainnya menerima sertifikat proklim.

Dinas Lingkungan Hidup membeberkan alasan memilih kampung Umelah sebagai kampung Proklim adalah karena adanya komitmen masyarakat terhadap upaya pelestarian dan menjaga lingkungan yang dibuktikan dengan dilaksanakannya aksi adaptasi, mitigasi dan kelembagaan.

Selain itu juga disebutkan warga tutut menjaga sumber mata air dengan melakukan penanaman vegetasi, melakukan penghijauan di desa, pengelolaan dan pengolahan sampah menjadi kompos dan penggunaan tungku kayu bakar sebagai perwujudan aksi mitigasi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup drh. Ibnu Hafit menyebutkan bahwa salah satu manfaat kegiatan Proklim ini dapat meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca (GRK).

Khairul Anwar, S. Hut. MP Kabid. Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan,mengungkapkan Tropi Proklim ini di rencanakan akan diserahakan secara langsung oleh Pemerintah Gayo Lues kepada Desa Umelah di bulan November 2021 mendatang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00