Hindari Menyimpan Pisang Bersama Buah Lain di Kulkas, Ini Alasannya

KBRN,Takengon; Salah satu cara mempertahankan kesegaran dan memperpanjang usia pisang adalah menyimpannya di dalam kulkas. Namun, pisang tidak dapat tahan lama jika disimpan dalam kulkas. Selain pisang, ada buah lain yang juga tak tahan lama disimpan dalam kulkas seperti alpukat dan lemon.Untungnya, ada beberapa cara membuat pisang tetap tahan lama saat disimpan dalam kulkas, salah satunya sebaiknya tidak mencapur dan meletakkannya secara berdekatan dengan buah lainnya di dalam kulkas. Mengapa demikian?

Buah penghasil etilen

Pisang, mangga, kiwi, apel, persik, dan melon adalah beberapa buah penghasil etilen. Buah-buah ini dapat menyebabkan pembusukan dini dan meningkatkan limbah makanan, seperti dikutip LiveStrong, Kamis (18/8/2022). Pisang adalah buah penghasil etilen dalam jumlah besar. Etilen adalah senyawa yang dapat membantu mempercepat kematangan buah atau bahan makanan. University of Maine Extension, Amerika Serikat, menjelaskan, saat buah penghasil etilen mencapai kematangan, kadar etilen yang dihasilkan semakin meningkat. Apel jenis McIntosh, misalnya, adalah produsen etilen utama dan matang lebih cepat daripada kebanyakan buah. Masyarakat biasa tidak memiliki peralatan yang dibutuhkan untuk mengukur tingkat etilen. Hal yang bisa dilakukan adalah memeriksa buah untuk tanda-tanda pembusukan, di antaranya mencakup bau busuk, jamur, bintik-bintik lembek, atau perubahan pada warna dan penampilan.

Jangan campur pisang dengan buah lainnya

Menyimpan pisang di kulkas perlu diatur sedemikian rupa agar buah dan bahan makanan lainnya tidak mengalami pembusukan dini, yang dapat menghasilkan limbah makanan. Etilen yang terdapat pada pisang tidak hanya mempengaruhi buah yang sensitif terhadap senyawa tersebut, tapi juga bahan makanan lain. Ada beberapa buah yang sensitif dengan senyawa etilen dan sebaiknya tidak disimpan di dekat pisang, antara lain alpukat, anggur, lemon, semangka, dan blewah. Sementara untuk bahan makanan, ada bawang bombai, asparagus, kembang kol, brokoli, cabai, daun bawang, kubis keriting (kale), kacang polong, kentang, dan jamur. Dikutp dari kompas.com

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar