Infografis Regulasi Ganja Medis Sebentar Lagi Keluar, Dorong Fatwa MUI, Upaya dan Jeritan Hati

KBRN Takengon : Penggunaan ganja untuk kepentingan medis di Indonesia kerap menjadi pro dan kontra. Namun kini regulasi ganja medis sebentar lagi keluar.

Adalah Menkes Budi Gunadi Sadikin yang menyampaikan pernyataan tersebut pada Rabu 29 Juni 2022. "Kami sudah melakukan kajian. Nanti ganja untuk medis sebentar lagi akan keluar regulasinya."

Tahap pertamanya, menurut Budi, harus ada penelitian. Ganja bisa dipakai untuk layanan atau produk medis apa saja. Adanya regulasi ganja medis dapat diketahui lebih lanjut seberapa besar manfaatnya. Kelengkapan riset dibutuhkan sesuai basis data dan fakta berdasarkan sains.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada Selasa 28 Juni 2022 mengakui ganja dilarang di Indonesia. Namun untuk masalah kesehatan, Majelis Ulama Indonesia atau MUI diminta segera membuat fatwa baru. Namun fatwa MUI nantinya jangan sampai berlebihan dan menimbulkan kemudaratan.

Tercatat ada 31 negara yang melegalkan penggunaan ganja untuk keperluan pengobatan medis. Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad pada Senin 27 Juni 2022 mengingatkan, belum ada undang-undangnya di Indonesia terkait hal ini. Untuk itu DPR akan mencoba membuat kajiannya, berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan.

Jeritan hati agar ganja medis dilegalkan disuarakan pasangan suami istri Eto Sunarta dan Santi Warastuti. Sang putri, Pika mengidap cerebral palsy atau kelumpuhan otak yang membutuhkan pengobatan ganja medis. Mereka menyampaikan isi hati pada Minggu 26 Juni 2022 melalui poster dan surat kepada hakim Mahkamah Konstitusi atau MK.

sumber : https://www.liputan6.com/news/read/4998672/infografis-regulasi-ganja-medis-sebentar-lagi-keluar-dorong-fatwa-mui-upaya-dan-jeritan-hati

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar