Forum Reje Bebesen kritik Dinkes kurang sosialisasi DBD ke para Reje

KBRN, Takengon: Dinas Kesehatan Aceh Tengah diminta turun ke lapangan melakukan sosialisasi terkait dengan pencegahan demam berdarah.

Hal itu disampaikan Ketua Forum Reje kecamatan Bebesen Jamaluddin.

Menurutnya dalam kurun waktu setengah tahun ini, tidak ada kegiatan sosialisasi yang didapatkan para Reje.

"Seharusnya dari Dinas Kesehatan juga melihat kondisi di lapangan, ya mungkin ada pada bulan dan cuaca tertentu mungkin jentik nyamuk banyak, seharusnya turun juga, mulai dari tingkat kecamatan, koordinasi dengan Bidan Desa (Bides) dalam tahun ini saya melihat belum pernah ada, ya dari Puskesmas turun ke desa koordinasi dengan Bidan Desa, adakan sosialisasi di kantor desa, begitu kan," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Reje Blang Kolak 1 Asri Kandi.

Menurutnya Dinkes maupun Puskesmas tidak pernah ada melakukan sosialisasi.

"Apa salahnya Dinas Kesehatan kan Dinas yang punya banyak anggaran itu, melalui Puskesmas undang Reje SE kecamatan Bebesen untuk sosialisasikan pencegahan DBD, penanganan DBD, kan ada pengetahuan, kita pun bisa menyampaikan ke aparat desa yang lain di tingkat desa," sebutnya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Aceh Tengah dr. Yunasri menyampaikan dengan tingginya kasus DBD, pihaknya menyampaikan edukasi dan penyuluhan tentang waspada kasus DBD.

"Dengan tingginya kasus DBD dalam dua Minggu ini tentunya kita sudah memberikan beberapa informasi, edukasi dan penyuluhan kepada masyarakat untuk tetap waspada," demikian Yunasri.

Sn 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar