Harga Kelapa Sawit Naik Pascapembukaan Ekspor Migor

KBRN, Jakarta: Ketua Umum Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Gulat Manurung menyebut tandan buah segar (TBS) kelapa sawit naik kembali pascapembukaan ekspor minyak goreng yang dilakukan pemerintah. 

"Sejak tanggal 18 siang itu, itu harga TBS sudah naik dari Rp1.600 naik menjadi Rp.2.200 dan tadi Kamis siang sudah naik menjadi Rp2.600. Ini kan semuanya pasar yang merespons ini," ungkapnya.

Ia mengapresiasi keputusan Pemerintah yang akan kembali membuka ekspor minyak goreng (migor) mulai Senin (23/05/2022) mendatang.

"Terima kasih kepada pak Presiden Jokowi yang sudah merespons kami petani yang sudah tertatih-tatih tetapi kami menunjukkan jiwa kebesaran hati kami sebagai petani sawit untuk tidak bertindak anarkis kami melakukan aksi dengan menunjukkan kebudayaan Indonesia dari Sabang sampai Merauke itu adalah dipersatukan oleh kelapa sawit," kata Gulat dalam perbincangan bersama Pro 3 RRI, Kamis (19/5/2022) malam. 

Pemerintah memastikan akan kembali membuka ekspor minyak goreng mulai Senin (23/05/2022) mendatang. Keputusan tersebut diambil pemerintah setelah memperhatikan kondisi pasokan dan harga minyak goreng saat ini serta mempertimbangkan para tenaga kerja dan petani di industri sawit.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar