FOKUS: #PPKM

Harga jual cabe petani turun, ini kata Kadisperindag Aceh Tengah

Plt Kepala Dinas Perdagangan kabupaten Aceh Tengah Marwandi Munthe

KBRN, Takengon: Petani menjual cabe ke pengepul atau agen dihargai murah, misalnya cabe merah keriting 9 ribuan per kilogram dan cabe caplak 15 ribuan per kilogram.

Menanggapi itu Plt Kepala Dinas Perdagangan kabupaten Aceh Tengah Marwandi Munthe menyampaikan pemerintah sebenarnya tidak dapat melakukan intervensi terhadap harga cabe.

Namun demikian turunnya harga tersebut harus segera disikapi dan tidak bisa berlarut-larut.

Dirinya akan membicarakan ke pimpinan untuk menjadi kebijakan.

"Pertama perluasan pasar yang kita harus lakukan, ini peran pemerintah yang ada di situ. Kedua saya berharap dana desa itu melalui BUMK bisa buat gold store kecil-kecil, BUMK harus berpartisipasi," katanya.

Marwandi tidak memungkiri bahwa ada peran Bank Indonesia sehingga kecamatan Ketol dapat menghasilkan cabe dengan jumlah besar.

Untuk itu dirinya akan mencoba berkolaborasi dengan BI.

"Apa salahnya BI membantu alat pengolahan kita memproduksi semacam bubuk atau cabe kering. Selama ini kita lihat, tingkat cabe kering aja kita gempor, padahal kita produksi cabe luar biasa," timpalnya.

Masalah alat produksi tersebut kata Plt Kadisperindag akan ditindaklanjuti.

"Apa salahnya sebagian dari produksi kita itu kita olah dulu, nanti nilai jualnya akan tinggi," demikian Plt Kepala Dinas Perdagangan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar