FOKUS: #PPKM

Ini kata agen kenapa harga cabai di Aceh Tengah dan Bener Meriah turun!

Foto: Ils Antara

KBRN, Redelong: Sebagian masyarakat Aceh Tengah dan Bener Meriah saat ini tengah panen cabai.

Namun sangat disayangkan harga jual dari tingkat petani ke pengepul atau agen yang ada sangat murah.

Contohnya cabai ijo, saat ini hanya dihargai 8 ribu perkilogram, begitu juga dengan cabai nano hanya 12 ribu per kilogram.

Agen cabe Bener Meriah, Yetno menyampaikan ada beberapa faktor yang menyebabkan harga cabai saat ini murah.

Pertama stok yang melimpah, karena sejumlah daerah di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara panen raya, dan ke dua adalah faktor cuaca yang hujan secara terus-menerus.

"Cuaca hujan, itu kendalanya kenapa merosot harga. Waktu pengiriman cabe enggak kering, basah dia, lembab, jadi waktu pengiriman, sampe di tempat tujuan rusak, ke Medan ke Pekan Baru. Cabe kecil itu dikirim dari sini bagus, sampe sana gosong, terbakar, jadi harga turun, misalnya kita disini belanja 30 mau disana penjualan sampe 25, nanti kera di sini mau 20 tinggal. Jadi otomatis mau tidak mau yang di sini harus dibawah biru lagi belanjanya," ungkapnya.

Jikapun ada pasar baru untuk menjual cabe timpalnya tetap saja dirinya memperkirakan harga tidak jauh berbeda disaat situasi cuaca dan panen raya sekarang ini.

"Sama aja, biarpun ada pasar yang lain, itu malah resiko makin tinggi, busuk karena basah tadi. Kalau enggak pas permainan di gudang ancur," demikian agen cabe.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar