Penyuluh dan petani Aceh Tengah dapat penghargaan

KBRN, Takengon: Dalam rangka mengoptimalkan kinerja pelayanan penyuluh pertanian dan peningkatan peran serta masyarakat serta aparatur dalam pembangunan pertanian, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah gelar acara penyerahan penghargaan bagi penyuluh pertanian teladan dan petani berprestasi tingkat Kabupaten Aceh Tengah Tahun 2022.

Penyerahan penghargaan ini, diberikan langsung oleh Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar dengan didampingi Kadis Pertanian Nasrun Liwanza, Kadis Pangan Juanda, Kadis Perikanan Iwan Hernis dan Plt. Kadis Perkebunan Sabrin bertempat di Gedung Umah Peradaban Gayo Pantai Gading Gayo Quine Mendale, Senin (15/08).

Dalam sambutannya Bupati Shabela mengatakan pemberian penghargaan ini merupakan wujud apresiasi dan dorongan kepada Penyuluh Pertanian (PPL), BPP dan petani yang berprestasi serta berkinerja baik yang telah berhasil meningkatkan kemajuan pertanian di Kabupaten Aceh Tengah selama ini.

Bupati berharap, dengan adanya penghargaan ini bisa menjadi motivasi kedepannya agar terus bersemangat, karena keberhasilan sektor pertanian tidak terlepas dari peran dan dukungan penyuluhan selaku ujung tombak dalam kemajuan sektor pertanian.

"Mudah-mudahan dengan adanya anugerah dan pemberian penghargaan ini dapat memberikan motivasi dan meningkatkan kinerja saudara-saudara, terutama para petugas PPL, karena menurut hemat kami Penyuluh pertanian itu merupakan ujung tombak dalam kemajuan sektor pertanian," kata Shabela.

"Begitu juga para petani yang hari ini turut mendapat apresiasi sebagai petani berprestasi, kiranya dapat semakin giat menjalankan budidaya pertaniannya. Karena profesi petani itu adalah pekerjaan yang mulia," lanjut bupati.

Tak hanya itu, bupati juga menitip pesan, prestasi yang diraih ini tidak hanya berhenti di tingkat kabupaten saja, akan tetapi juga berlanjut hingga ke tingkat yang lebih tinggi seperti provinsi dan nasional.

"Pesan kami, karena ini juga akan dilombakan di tingkat provinsi dan nasional, terus tingkatkan prestasi saudara-saudara. Semoga keberhasilan ini juga mendapat apresiasi di jenjang yang lebih tinggi." Pesan bupati.

Adapun pemberian penghargaan bagi penyuluh dan petani dalam kegiatan yang bertajuk Penganugerahan Insan Pertanian tersebut terdiri atas empat kategori masing-masing (1) Kategori Penyuluh Pertanian ASN Teladan, (2) Kategori Penyuluh Pertanian THL-TB atau Kontrak Daerah Teladan, (3) Kategori Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Berprestasi, dan (4) Kategori Petani Berprestasi.

Berdasarkan Keputusan Bupati Aceh Tengah Nomor 819/361/DISTAN/2022, penerima penghargaan untuk Kategori Penyuluh Pertanian ASN Teladan Tahun 2022 diterima oleh Salman, SP., MP dari BPP Kecamatan Atu Lintang, kemudian untuk Kategori Penyuluh Pertanian THL-TB atau Kontrak Daerah Teladan diterima oleh Wiwid Widiawati, SP dari BPP Kecamatan Ketol.

Selanjutnya untuk Kategori Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Berprestasi dimenangkan oleh BPP Kecamatan Silih Nara, dan terakhir Kategori Petani Berprestasi diterima oleh Bapak Eko Kusdaryanto warga Kampung Paya Dedep Kecamatan Jagong Jeget.

Selain pemberian apresiasi untuk terbaik pertama, tiap-tiap kategori juga memberikan hadiah dan penghargaan untuk juara 2, 3, dan 4 atau juara harapan 1. (IMH/ProkopimAT)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar