Info BMKG, Bener Meriah Masih Dilanda Angin Kencang Beberapa Hari Kedepan

KBRN, Redelong: Berdasarkan data dari aplikasi info Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Aceh diperkirakan kecepatan angin dalam beberapa hari kedepan di Bener Meriah berkisar pada 10 KM/Jam dengan arah angin barat daya.

Hal itu dipertegas oleh Kalak BPBD Bener Meriah Safriadi kepada RRI bahwa masyarakat dihimbau tetap waspada terhadap prakiraan hembusan angin yang cukup kencang di wilayah Kabupaten Bener Meriah.

Karenanya, warga diingatkan agar menjauhi kawasan yang dipadati pohon dan ranting kering, tidak menyalakan api di lokasi lahan yang kering serta rutin memperhatikan instalasi kelistrikan di rumah masing-masing.

“Berdasarkan data BMKG angina ini masih akan terus terjadi dalam seminggu kedepan, sehingga kita selalu mewanti-wanti keadaan ini agar masyarakat memperhatikan sumber-sumber api, apalagi pemukiman di Daerah kita rata-rata berkonstruksi papan,” jelasnya.

Ditegaskan, rumah berkonstruksi kayu akan sangat mudah dilahap sijago merah dengan hanya dipicu oleh sedikit percikan api saja.

Terlebih jika api telah menyala timpalnya akan sangat sulit dipadamkan ketika api semakin ganas akibat hembusan angin kencang di wilayah Kabupaten kopi itu saat ini.

“Seperti kejadian sebelumnya angina ini menjadi salah satu kendala karena dengan adanya angin ini kobaran api semakin besar, bahkan dalam hitungan detik saja api telah melahap satu unit rumah, jadi kita harus lebih waspada lagi,” ringkasnya.

Diketahui, sejumlah bencana kebakaran di Kabupaten Bener Meriah sejak awal tahun 2022 lalu membuat pihak Pemadam Kebakaran kesulitan memadamkan api karena angin kencang ditambah bangunan yang berkonstruksi kayu.

AS

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar