Cegah Perbuatan Menyimpang, Psikolog: Jalin Komunikasi dan Kedekatan Dengan Anak

KBRN, Redelong: Salah satu penyebab perbuatan menyimpang para remaja dinilai karena kurangnya perhatian orang tua terhadap perkembangan anak terutama terkait masalah pribadi dan bebasnya penggunaan gadget.

Psikolog Bener Meriah Ismi Niara Bina kepada RRI mengungkapkan hal itu sangat disayangkan karena pada masa perkembangan anak butuh perhatian khusus dari ayah ibu agar anak tidak gagal paham terhadap sesuatu yang baru dikenalnya.

Menurutnya, komunikasi antara anak dan orang tua menjadi faktor paling penting karena dengan begitu anak menjadi tidak ragu untuk menceritakan masalah dan bertanya.

“Yang lebih penting adalah bagaimana orang tua membuka komunikasi dengan anak, menjalin kedekatan, menyediakan diri sebagai tempat bertanya dan mengadu, kalo ada masalah maka saling bercerita kepada anak secara objektif,” jelasnya.

Menurutnya, hampir seluruh masyarakat Gayo masih tabu bercerita kepada anak terkait kesehatan reproduksi atau sebaliknya anak enggan menceritakan masalah kepada orang tua.

Akibatnya, sang anak memperoleh solusi dari sumber yang kurang dapat dipercaya dan menimbulkan perbuatan menyimpang seperti menjadi pengguna narkotika bahkan melakukan perbuatan pelecehan seksual.

“Kenali anak kita, jaga anak kita, dengan begitu kita bisa memahami karakter anak agar kita tahu bagaimana menghadapi anak kita,” ringkasnya.

Memberikan pengetahuan kesehatan reproduksi sejak dini dan melakukan pengawasan terhadap penggunaan gadget menurut Ismi juga penting agar anak dapat lebih menjaga diri dan tidak terpengaruh aura negatif dari lingkungan luar.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar