Bener Meriah Akan Terapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

KBRN, Redelong: Sertifikat Elektronik yang diterbitkan oleh Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) pada Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) rencananya akan diterapkan pada sistem Pemerintahan Kabupaten Bener Meriah.

Kepala Dinas Kominfo Bener Meriah Ilham Abdi kepada RRI Selasa (24/5/22) mengatakan sertifikat elektronik itu nantinya akan digunakan untuk menandatangani surat-surat penting di Daerah tersebut secara digital.

Hal itu timpalnya merupakan upaya menghindari pemalsuan dokumen serta lebih menjaga keamanan dengan kemudahan menjalankan sistem Pemerintahan berbasis elektronik.

“Bentuknya nanti berupa tandatangan digital untuk menandatangani dokumen penting dimana ketika ada upaya pemalsuan atau tidak sesuai dengan draft awal maka akan langsung ketahuan,” jelasnya.

Ditambahkan, rencananya penerapan sistem digital itu akan dilakukan secara bertahap pada instansi Pemerintahan Kabupaten kopi tersebut.

Ilham menyebut berbagai kemudahan birokrasi akan segera terwujud jika sertifikat digital itu telah diterapkan denagn lancar diantaranya dapat menandatangani surat-surat penting darimana dan kapan saja.

“Dijadwalkan besok dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Pemda Bener Meriah dengan BSSN langsung oleh Wakil Bupati Bener Meriah Dailami,” ringkasnya.

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang akan diterapkan oleh Pemkab Bener Meriah tambah Ilham tentunya dengan memanfaatkan teknologi informasi dan yang paling penting kerjasama serta komitmen dari semua OPD.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar