Harkitnas ke-114, Momentum Bangkit Bersama Dari Covid-19

KBRN,Takengon: Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114 diharapkan menjadi seruan dan momentum bagi seluruh masyarakat Indonesia agar dapat bangkit bersama dari pandemi Covid-19.

Demikian dikatakan Menkominfo, Johnny G Plate dalam amanat tertulis yang dibacakan Kepala Stasiun RRI Takengon, Muhsin Zein pada upacara Harkitnas di Kantor RRI setempat, Jum'at (20/5/2022).

Disebutkan, penanganan Covid-19 yang semakin membaik berimplikasi pada kembali normalnya berbagai aktifitas masyarakat yang secara perlahan mendorong pemulihan perekonomian secara nasional.

"Perekonomian Indonesia pada triwulan I-2022 terhadap triwulan I-2021 mengalami pertumbuhan sebesar 5,01 persen (y-on-y). Lapangan usaha tumbuh positif, kecuali Administrasi Pemerintahan dan Jasa Pendidikan," katanya.

"Dari sisi produksi, Tiga Lapangan Usaha mengalami pertumbuhan tinggi yakni, Sektor Usaha Transportasi dan Pergudangan 15,79%,  Sektor Jasa-jasa lain 8,29% dan Sektor Informasi dan Komunikasi 7,14%," tambahnya lagi.

Dalam sambutannya, Menkominfo juga menjelaskan jika lahirnya perkumpulan Budi Utomo pada tanggal 20 Mei 1908 ditetapkan Presiden Soekarno sebagai hari bangkitnya nasionalisme Indonesia.

Dalam kongres pertamanya, Budi Utomo ingin menjamin kehidupan sebagai bangsa yang terhormat dengan fokus pergerakan dalam bidang pendidikan, pengajaran dan kebudayaan.

"Budi Utomo telah meletakkan Tiga cita-cita bagi kebangkitan nasional yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia," sebutnya.(FJ)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar