Ganggu Aktifitas Warga, Pemda Gayo Lues Akan Tertibkan Hewan Ternak

KBRN, Blang Kejeren: Sekretaris Daerah Gayo Lues Ir. H Rasyidin porang adakan pertemuan dengan sejumlah stakeholder guna membahas penanganan hewan ternak liar di Daerah tersebut.

Rasyidin porang mengatakan  hal itu dilakukan agar tercipta keamanan dan ketertiban dari hewan ternak yang berkeliaran bebas selama ini.

Karenanya Ia meminta Kasatpol PP dan Kadis Peternakan berdiskusi untuk melakukan pengawasan dan penangkapan hewan ternak yang berkeliaran dan mengganggu aktifitas warga.

Kasatpol PP Gayo Lues Syabri menyatakan pajak hewan ternak  perlu ditertibkan serta memerlukan kandang karantina sebagai tempat penangkapan hewan ternak berkeliaran tersebut.

“Ada wilayah tertentu yang harus kita tertibkan, dalam penertiban ini tentu kita harus memiliki payung hokum yang jelas dan ini telah tertuang dalam Qanun Nomor 6 Tahun 2006 tentang penertiban ternak insyaallah akan kita implementasikan,” terangnya.

Selain itu, pos hewan ternak juga akan segera diaktifkan dibeberapa titik di Daerah tersebut.

Selain itu , Kabid Peternakan pada Dinas Peternakan setempat menyebutkan 5 dari 11 peternak telah memiliki tempat ternak, sementara yang lainnya masih berkeliaran.

Rencananya, sebelum melakukan penertiban stakeholder terkait akan melaksanakan sosialisasi terlebih dahulu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar