Tanpa Kouta Internet, PeduliLindungi Dapat Diakses

KBRN, Jakarta: Kabar gembira datang untuk para pengguna aplikasi PeduliLindungi, karena mulai saat ini para pengguna bisa mengakses aplikasi tersebut tanpa menggunakan data seluler. 

“Check-in dengan PeduliLindungi di ruang publik, gedung perkantoran, atau di mana saja semakin mudah dengan fitur Offline Check-in. Minim koneksi sudah tidak menjadi kendala lagi dengan fitur ini. Upgrade aplikasi PeduliLindungi untuk bisa menggunakan fitur ini,” ujar akun instagram @kemenkominfo seperti dikutip, Selasa (18/1/2022).

Kominfo menyebutkan jika nantinya fitur “Offline Check In” ini dapat dimanfaatkan masyarakat yang tidak memiliki kouta, sehingga bisa terbantu untuk tetap bisa menggunakan aplikasinya di tempat umum meski tak terhubung dengan internet.

Fitur ini dapat digunakan bagi masyarakat yang telah melakukan pembaruan pada aplikasi PeduliLindungi. 

Selain itu, diketahui aplikasi ini juga berguna untuk Pemerintah melakukan pengawasan dan pengecekan terhadap masyarakat saat berpergian ke tempat- tempat umum.

Saat ini fitur “Check-in” dari aplikasi PeduliLindungi sudah tidak dapat terpisahkan karena hampir di setiap fasilitas publik mulai itu mal, rumah sakit, taman kota, hingga tempat umum lainnya diwajibkan untuk menyiapkan barcode khusus memudahkan masyarakat melakukan “Check-In”.

Tidak hanya itu, fitur "Offline Check In" ini juga dapat memudahkan pengelola untuk mengetahui status vaksinasi COVID-19 pengunjung ke tempat yang dikelolanya dan bagi Pemerintah aplikasi ini dapat menjadi alat tracing potensi penyebaran COVID-19.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar