Sarasehan Para Reje dan Pentas Seni Desember Kopi 2021 di Kampung Paya Tumpi Baru

KBRN, Takengon: Kampung Paya Tumpi  Baru, Kecamatan Kebayakan, Aceh Tengah isi kegiatan Desember Kopi Gayo 2021 dengan sarasehan para reje, pentas seni, bazar hasil bumi dan wisata Gayo prasejarah, pada 15 Desember 2021. Kegiatan berlangsung sehari penuh sejak pagi sampai sore hari, hadir sejumlah seniman dari Banda Aceh, Sumut, Batam, Riau, Bali, Jakarta dan Jogja. 

"Insya Allah tahun ini, Kampung Paya Tumpi Baru ikut serta dalam event Desember Kopi Gayo dalam rangka mengisi panen raya kopi," kata Reje Kampung Paya Tumpi Baru Idrus Saputra, Selasa (30/11/2021).

Sarasehan para reje membicangkan tentang potensi  pertanian dan pembangunan pariwisata.

Kegiatan tahunan Desember Kopi  Gayo digagas penyair Fikar W. Eda dan para seniman yang berhimpun dalam Komunitas Rangkaian Bunga Kopi, Komunitas Musikalisasi Puisi Indonesia dan tahun ini melibatkan Komunitas Gayo Prasejarah, dimaksudkan untuk mengisi musim panen kopi yang berlangsung sejak Oktober, November dan Desember.

Event Desember Kopi atau November Kopi digelar pertama kali i pada 2016 diikuti  penyair dari 18 provinsi di Indonesia dan menerbitkan kumpulan "Puisi 1550 MDPL" kurator Salman Yoga, Mustafa Ismail dan Fikar W.Eda.

Reje Idrus Saputra menyatakan warganya sangat antusias ikuta serta dalam event Desember Kopi Gayo 2021. Sejumlah persiapan sedang dilakukan untuk menyambut event besar tersebut. 

"Warga kami sangat aktif dan kreatif. Industri kecil menengah tumbuhsan sangat menjanjikan. Kampung kami sudah berhasil memproduksi madu, cerutu, Jembolang Kerawang dan sebagainya," kata Reje Idrus.

Event  Desember Kopi akan dimanfaatkan betul untuk mempopulerkan potensi ekonomi, pertanian dan pariwisata Paya Tumpu. 

"Kami para reja juga di akan mendeklarasikan dukungan Aceh Tengah sebagai daerah wisata berbasis adat, budaya, prasejarah dan kelestarian lingkungan," tukas Reje Idrus.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar