TMS Di Bener Meriah

KBRN, Redelong: Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Bener Meriah menargetkan sedikitnya 40 sekolah yang ada di Kabupaten sejuk itu akan mendapatkan Sosialisasi tanggap terhadap bencana di sekolahnya masing-masing dan tidak menutup kemungkinan seluruh sekolah akan mendapatkan sosialisasi tersebut.

Sebelumnya kegiatan itu sudah berlangsung di 10 sekolah pada bulan November kemarin.

Joni koordinator Tagana Kabupaten Bener Meriah menjelaskan, sangat penting bagi pelajar untuk mengetahui dan memahami jenis-jenis bencana alam dan bencana sosial dan juga cara penanggulangannya.

“Kita beri pemahaman mulai dari prabencana, saat bencana kemudian sampai pasca bencana. Mengenalkan jenis-jenis bencana seperti gempa bumi, letusan gunung Merapi, banjir, tanah longsor dan bencana sosial, kebakaran dan amukan gajah. Selanjutnya kita tambahkan materi yang jarang diberikan di sekolah yaitu cara evakuasi di saat tiba-tiba terjadi bencana di sekolah,” kata Joni koordinator Tagana Bener Meriah, Aceh. Senin (6/12/2021).

Tagana mempunyai tugas membantu Pemerintah dan Pemerintah Daerah dalam melaksanakan penanggulangan bencana baik pada saat prabencana saat tanggap darurat maupun pasca bencana serta tugas-tugas penanganan permasalahan sosial lainnya yang terkait dengan penanggulangan bencana.     

“kenapa siswa siswi di pilih sebagai salah satu untuk kami launching Tagana Masuk Sekolah (TMS), harapan kami kalau di Bener Meriah ini mudah-mudahan bisa semua sekolah dapat pemahaman seperti penanganan bencana, supaya mereka bisa mandiri di saat datang bencana,” tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar