FOKUS: #TANGGAP BENCANA

Daerah di Aceh Tengah perlu penghijauan

KBRN, Takengon: Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Leuser Hijau Lestari (LAHIR) melakukan survei atau pemetaan wilayah yang perlu dilakukan penghijauan.

Perwakilan LSM LAHIR, Dedi Rahman, selain di kabupaten Bener Meriah, terdapat pula wilayah di kabupaten Aceh Tengah yang dinilai perlu dilakukan penghijauan.

Wilayah tersebut kata Dedi tersebar di sejumlah kecamatan di Aceh Tengah.

"Jadi kita sudah survei sekilas untuk wilayah yang berpotensi dilakukan penghijauan, seperti di Ketol, Pegasing dan Atu Lintang," katanya.

Manager Program LSM LAHIR Muhardi menyampaikan program penghijauan dinilai penting karena memiliki sejumlah tujuan, diantaranya menjaga stabilitas iklim di wilayah perkebunan kopi dan mengurangi emisi melalui penyerapan karbon dengan meningkatkan volume penanaman pohon untuk menambah stok karbon.

"Adapun tujuan kegiatan ini, yang pertama menjaga stabilitas iklim, mengurangi emisi melalui penyebaran karbon dengan meningkatkan volume penanaman pohon," sebutnya.

Sebelumnya, pihak LAHIR telah melakukan penanaman pohon atau penghijauan di desa Tembolon, kecamatan Syiah Utama, Bener Meriah.

Hingga tahun 2022, pihaknya menargetkan untuk dapat menanam sebanyak 500 ribu pohon.

Sn 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar