Tes antigen sudah tak berlaku di bandara ini

KBRN, Takengon: Calon penumpang pesawat dari Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, sudah tidak dapat menggunakan tes antigen sebagai syarat penerbangan, sekali pun bagi penumpang yang sudah divaksinasi Covid-19 dan hendak terbang ke daerah Jawa-Bali. 

"Kemarin penerbangan tujuan Jawa-Bali masih mengikuti ketentuan lama (menggunakan tes antigen, red)," ucap Adita Irawati, Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kepada rri.co.id, Kamis (21/10/2021). 

Adita menyebut, Satgas Covid-19 bakal mengeluarkan ketentuan yang sama dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 53 tahun 2021 pada Kamis (21/10/2021) ini. Aturan tersebut menyebut, penumpang pesawat wajib menggunakan tes PCR sebagai syarat penerbangan, meski sudah divaksinasi Covid-19 sebanyak dua kali. 

"Besok Satgas Covid-19 akan mengeluarkan ketentuan yang selaras dengan Inmendagri, mewajibkan PCR (bagi penumpang pesawat, red)," urai Adita. 

Meski aturan yang menyatakan bahwa penumpang pesawat wajib membawa tes PCR diterbitkan pada Kamis besok, pihaknya belum mewajibkan penumpang pesawat untuk menggunakan tes PCR sebagai syarat penerbangan pada Kamis (21/10/2021). 

Pasalnya, menurut Adita, pihak maskapai butuh waktu untuk menyosialisasikan aturan tersebut ke para penumpangnya. 

"Kami akan menyesuaikan dalam beberapa hari. Maskapai tentu butuh waktu untuk menyosialisasikan kepada penumpang," kata Adita.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00