STQH Nasional, Kakanwil Kemenag Aceh Silaturrahmi bersama Kakanwil Kemenag se-Indonesia

@Kemenag

KBRN, Takenogn : Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Dr H Iqbal SAg MAg melakukan silaturrahmi bersama Kakanwil Kemenag se-Indonesia, di gedung Mina Transit Asrama Haji Ternate, Maluku Utara, Sabtu 16 Oktober 2021.

Silaturrahmi penuh keakraban dengan para Kakanwil ini, dilakukan usai peresmian gedung Mina Transit Haji Ternate oleh Menag RI, H Yaqut Cholil Qoumas (Gus Menteri).

Kegiatan ini merupakan serangkaian kegiatan pada Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadits (STQH) Nasional XXVI di pulau wilayah timur Indonesia tersebut. Acara juga  dirangkai dengan Pembinaan ASN Kemenag Maluku Utara dengan Tema 'Agama sebagai Inspirasi Moderasi Beragama'.

Sebelumnya pada kesempatan itu, Kakanwil Kemenag Aceh ikut mendampingi Menag RI, Yaqut Cholil Qoumas pada Peresmian "Gedung Zam zam, Gedung Mina Transit Asrama Haji Ternate, Gedung Laboratorium Terpadu, Asrama Siswa dan Rumah Dinas Guru MA Insan Cendekia Halmahera Barat," Kanwil Kemenag Malut.

Menag dalam sambutannya mengatakan fasilitas baru harus mampu meningkatkan pelayanan dengan maksimal dan sempurna. Ia berharap seluruh jajarannya untuk bergegas meningkatkan kualitas layanan terbaik dan prima. 

“Hadirnya gedung-gedung yang megah dan mewah di Maluku Utara adalah bagian dari keinginan pemerintah dalam upaya meningkatkan pemerataan dalam pelayanan terhadap umat,” kata Menag.

Salah satu ikhtiar Menag dalam meningkatkan kualitas layanan Kemenag adalah Revitalisasi KUA. Program ini bertujuan mengoptimalkan peran KUA agar bukan hanya sebagai tempat urusan pernikahan saja, tapi menjadi etalase Kementerian Agama. KUA sebagai tempat pelayanan umat beragama.

"Pelayanan itu menjadi orientasi pertama. Asrama haji contohnya sebagai pelayanan kepada masyarakat. Ini jangan berhenti hanya sampai di kemegahan gedung, namun beriring dengan kemegahan pelayanannya yang prima," pesan Menag.

"Meskipun embarkasi transit, namun harus bisa dikembangkan menjadi embarkasi," tambahnya.

Menag juga berharap peresmian salah satu bangunan seperti Laboratorium Terpadu MA ini juga akan mampu menjawab cerahnya masa depan generasi Madrasah kemudian hari. 

“Semoga apa yang kita lakukan dan peroleh hari ini, moga sama-sama dapat kita jaga dan rawat dengan baik,” kata Menag.

(Seumber : Kemenag Aceh)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00