Pemerintah harus beri perhatian serius terhadap petani kopi

Pohon kopi desa Paya Reje/foto: Satiran/RRI

KBRN, Takengon: Anggota DPR Aceh Bardan Sahidi mengaku telah berulang kali menyampaikan kepada pemerintah, melalui Dinas Pertanian Aceh, agar petani kopi di wilayah tengah Aceh mendapat perhatian dengan distribusi mesin babat rumput kepada petani.

Jelasnya, distribusi mesin babat rumput kepada petani adalah solusi agar petani dengan lahan kebun yang luas tidak lagi menggunakan racun rumput untuk membersihkan lahannya.

"Usulan ini telah berulang kali saya sampaikan kepada pemerintah, baik saat rapat kerja dan musyawarah rencana pembangunan," kata Bardan direlease, Minggu (1/8/2021).

Tambah politisi dari Aceh Tengah dan Bener Meriah ini, sudah sepatutnya pemerintah mengajukan program jangka panjang untuk pemberdayaan petani kopi.

Baik itu melalui penyediaan bibit unggul kopi Arabika Gayo varietas Gayo 1 atau tim-tim dan varietas Gayo 2 bornbon.

"Kedua varietas ini tahan hama dan produktif. Selanjutnya penyediaan pupuk alam, pasca panen dan pemasaran atau ekspor," jelas Bardan.

Kopi Gayo sebagai komuditas eksport asal Kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah dan sebagian dari Kabupaten Gayo Lues di daerah Pantan Cuaca.

"Dalam berbagai kesempatan saya selalu sampaikan kondisi yang dialami petani, dapat rasakan dan fahami saya sendiri sebagai petani kopi," demikian Bardan.

Sn

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00