RRI Takengon dan Pemkab Aceh Tengah Mulai Bahas Persiapan PTQ Nasional 2022

KBRN,Takengon : RRI Takengon dan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melakukan rapat persiapan Pekan Tilawatil Qur’an (PTQ) lokal 2021 serta PTQ tingkat nasional yang akan berlangsung di daerah itu tahun 2022, Rabu (24/2/2021).

Terkait PTQ RRI Nasional ke-52 tahun 2022, dibahas berbagai hal menyangkut anggaran, transportasi hingga akomodasi bagi peserta perwakilan RRI dari berbagai daerah di tanah air, yang diperkirakan berjumlah lebih dari 400 orang.

Kepala Stasiun RRI Takengon, Muhsin Zein mengatakan dukungan dari pemerintah daerah setempat sangat diharapkan demi suksesnya kegiatan yang pada tahun ini akan berlangsung di Palembang, Sumatera Selatan.

“Kalau merujuk data persiapan, dari panitia PTQ nasional tahun ini, jumlah pesertanya minimal 415 orang, terdiri dari qori/qoriah, ofisial, kasatker hingga panitia pusat, dimana Pemprop Sumsel menganggarkan Rp 1,8 miliar,” katanya.

Muhsin menambahkan, melalui acara tersebut keberadaan Aceh Tengah sebagai daerah tujuan wisata dan penghasil kopi arabika Gayo juga diharapkan semakin dikenal oleh masyarakat luas.

“Kita ingin membahas konsep yang baik, untuk acara kita nanti seperti apa, karena melalui ajang ini, kita juga ingin mengangkat nama Aceh Tengah, agar lebih dikenal orang, bukan hanya kopinya, tapi juga berbagai hal lain,” tambahnya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Aceh Tengah, Mursyid menegaskan pihaknya siap mendukung pelaksanaan PTQ nasional, bahkan akan berkoordinasi dengan Pemerintah Propinsi Aceh terkait kebutuhan anggaran.

Mursyid mengungkapkan, sebagai daerah yang berjulukan Bumi Serambi Mekkah dan menerapkan peraturan Syariat Islam, seharusnya pelaksanaan PTQ Nasional di daerah itu harus lebih baik dibandingkan penyelenggaraan daerah lainnya.

“Pelaksanaan seperti PTQ ini sangat erat kaitannya dengan syiar Islam, jadi kita sebagai bagian dari Propinsi Aceh dengan syariat islamnya, pelaksanaanya harus lebih meriah, jadi harus kita dukung, dengan semaksimal mungkin,” sebutnya.

Aceh Tengah sendiri sebelumnya ditetapkan sebagai tuan rumah pelaksanaan PTQ Nasional  yang memperlombakan cabang Tilawah, Tausyiah dan Tahfidz untuk tahun 2021 ini, namun terpaksa mengalami penundaan akibat pandemi Covid-19.(FJ)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00