Tingkatkan Pelayanan Haji, Kemenag Bener Meriah Rakor Dengan BPS BPIH dan IPHI

KBRN, Redelong : Kantor Kementerian Agama kabupaten Bener Meriah melalui seksi Penyelenggara Haji dan umrah menggelar rapat koordinasi dengan sejumlah Bank Penerima Setoran (BPS) Biaya penyelenggaraan Ibadah Haji  (BPIH) dan Ikatan Persudaraan Ibadah Haji (IPHI) Kabupaten Bener Meriah yang bertempat di ruang rapat kepala kantor setempat, Rabu (20/01/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan di ruang kerja kepala Kementerian Agama Bener Meriah ini dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap Jemaah calon haji yang akan mendaftar dan yang akan berangkat.

Dalam arahannya Kepala Kankemenag Bener Meriah Drs H Hamdan MA menyampaikan, Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Saudi Arabia terus melakukan koordinasi tentang keberangkatan Jemaah Haji tahun 2021.

Pemerintah menyiapkan tiga opsi terkait keberangkatan jemaah haji tahun 2021 (1442 Hijriah). Berbagai opsi itudisiapkan mengingat pandemi Covid-19 belum juga mereda.

"Kementerian Agama Republik Indonesia telah menyiapkan tiga opsi. Pertama, kuota penuh. Kedua, kuota terbatas. Ketiga, tidak memberangkatkan jemaah haji," kata Hamdan.

Hamdan  berharap r pandemi (Covid-19) segera berakhir agar keberangkatan Jemaah Haji tahun 2021 tidak terkendala dan berharap dapat diberangkatkan 100 persen.

Sementara itu sebelumnya Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Azhari Ramadhan SAg MAg juga menyampaikan, Berdasarkan PMA Nomor 6 Tahun 2019 perubahan atas Peraturan Menteri Agama No 13 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Haji Reguler, bahwa untuk setoran awal berjumlah 6 lembar, lembar ke-enam untuk BPKH dimana sebelumnya 5 lembar.

"Kembali kami ingatkan kepada Bapak dan Ibu dari Perwakilan BPS BPIH untuk menerbitkan lembar ke-enam untuk BPKH," ujar Azhari Ramadhan.

Azhari juga menyampaikan, Jemaah Haji yang mendaftar di BPS BPIH tahun 2011 hingga 2021 pada BRI Syariah berjumlah 2.593, Bank Aceh Syariah 1.551, BSM 244 dan BNI Syariah 21 Jemaah.

Dalam rapat tersebutsejumlah BPS BPIH berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan kepada jemaah yang ingin mendaftar haji dengan dengan mendatangi rumah calon pendaftar haji bagi yang berhalangan untuk datang ke kantor.

Selain itu juga mengupayakan  pendistribusian Souvenir Wajib seperti Buku Manasik, Kain Ihram dan Mukena kepada Jemaah Haji yang akan berangkat lebih cepat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00