Menag : Di Negara Pancasila, Tidak Ada Diktator Mayoritas dan Tirani Minoritas

KBRN,Takengon : Puncak peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Ke-75 Tahun 2021 Kementerian Agama di Kabupaten Aceh Tengah, ditandai dengan pelaksanaan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih yang dipusatkan di Halaman Sekolah MAN 1 Takengon, Selasa (05/01/2020).

Upacara yang diikuti seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kemenag setempat itu, dipimpin langsung oleh Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar selaku Pembina Upacara dan turut dihadiri oleh jajaran Forkopimda serta tamu undangan lainnya.

Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas dalam amanat tertulisnya mengatakan, sejalan dengan tema tahun ini, yaitu “Indonesia Rukun” mengajak seluruh jajaran Kemenag untuk menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa untuk maju.

“Di negara yang berdasarkan Pancasila ini, tidak ada diktator mayoritas atau tirani minoritas. Dalam kaitan itu, semua umat beragama dituntut untuk saling menghormati hak dan kewajiban masing-masing, dimana hak seseorang dibatasi oleh hak-hak orang lain,” kata Menag dalam amanat yang dibacakan bupati Shabela.

Selain itu, juga diingatkan tentang semangat Kementerian Agama baru dan semangat baru dalam mengelola Kementerian Agama, yang diterjemahkan dalam beberapa kata kunci, yakni manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik, penguatan moderasi beragama, serta persaudaraan.

Sebelum menutup sambutannya, dirinya mengajak agar seluruh anak bangsa untuk mengedepankan akal sehat dan hikmah/kebijaksanaan dalam menyikapi berbagai persoalan keumatan dan kebangsaan saat ini maupun dimasa-masa yang akan datang. 

“Dirgahayu 75 Tahun Kementerian Agama. Mari jadikan agama sebagai inspirasi pembangunan Bangsa dan Negara” tutup Shabela.

Dalam upacara yang berjalan lancar dan penuh khidmat itu, turut disertai dengan penyerahan Satya Lencana Karya Satya 20 tahun dan 30 tahun kepada ASN yang telah mengabdikan dirinya, serta penyerahan tanda kenangan kepada pegawai yang memasuki masa purna tugas (pensiun) dilingkungan Kemenag Aceh Tengah.

Selain itu juga dilakukan pembagian penghargaan dan hadiah bagi siswa, guru dan pegawai yang berprestasi dalam berbagai event perlombaan pada Tahun 2020. (FJ/IMH)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00