Pengukuran Arah Kiblat di Aceh Tengah Kini Dapat Melalui Penyuluh Agama Islam

KBRN, Takengon: Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tengah mengadakan pelatihan teknis Rukyat Arah Kiblat kepada 14 Penyuluh Agama Islam Non PNS Kecamatan se Kabupaten Aceh Tengah. Kamis (16/9/21).

Hal tersebut dilakukan guna mempermudah pelayanan kepada masyarakat di Aceh Tengah  yang hendak melakukan pengukuran arah kiblat. “penyediaan layanan ukur arah kiblat ini sesungguhnya telah dinantikan oleh masyarakat” ungkap Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tengah, H Saidi B SAg MA dalam sambutannya. 

Nantinya, para Penyuluh Agama ini akan dibekali pelatihan teknis pengukuran arah kiblat langsung oleh ketua tim Falakiyah Hisab Rukyat Kanwil Kemenag Provinsi Aceh, Alfirdaus Putra, S.HI, MH.

Sementara alat ukur yang digunakan yaitu jenis teodolit untuk menghasilkan akurasi yang sempurna, sehingga ketika turun ke lapangan, mereka telah siap melaksanakan tugasnya.

“Kedepan, bapak-bapak akan meneruskan kegiatan pengukuran arah kiblat di Kecamatan masing-masing, baik itu masjid, menasah, tidak lepas kemungkinan juga nanti kuburan umum di lingkungan kita,” timpal mantan Kakankemenag Bener Meriah itu.

Oleh sebab itu, Saidi berharap agar peserta pelatihan dapat bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan hingga tuntas.

“Pelatihan hari ini bukan sekedar duduk-duduk  cerita-cerita, karena ini sifatnya teknis dan jarang yang mampu mengoperasikan alat nya, jadi mohon ikuti dengan sungguh sungguh. Jika perlu minta kontak pak Firdaus agar bisa konsultasi  lebih lanjut apabila terjadi kendala di lapangan,” sebut Saidi.

Terkait alat ukur, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tengah sendiri telah mengusulkan pengadaan alat teodolit kepada Baitul Mal Aceh Tengah untuk anggaran tahun ini dan telah disetujui. Sementara untuk tahun depan, Kemenag Aceh Tengah juga telah programkan pengadaan alat ukur sejenis untuk penyuluh di lapan

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00