Gayo Lues Resmi Tetapkan Besaran Zakat Fitrah

KBRN,Blangkejeren : Kementerian Agama (Kemenag)  Kabupaten Gayo Lues, Aceh menggelar Rapat Koordinasi Penetapan  Besaran Zakat Fitrah 1442 H/ 2021 M, Selasa (27/4/21) di aula Kankemenag setempat. 

Penyelenggara Zakat dan Wakaf, Ali Hamzah SH yang memimpin rapat mengajak seluruh peserta rakor untuk dapat melaksanakan hasil musyawarah.

Kemudian, kepada seluruh Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) agar dapat mensosialisasikan ketetapan Besaran zakat yang disepakati kepada masyarakat di wilayahnya masing-masing. 

"Sampaikan informasi ini kepada semua kalangan, sehingga masyarakat mengetahui nilai zakat fitrah tahun ini," pintanya.

Sebelumnya, Kepala Kemenag Gayo Lues, Amrun Saleh meminta agar semua pihak bekerjasama sebaik mungkin dalam menentukan zakat fitrah, agar masyarakat mengetahui dengan jelas ketentuan yang berlaku. 

"Kesepakatan harus dibuat sebaik mungkin, karena masyarakat akan mengikuti Keputusan Bersama yang dikeluarkan secara resmi ini," katanya.

Adapun besaran Zakat Fitrah yang telah ditetapkan bersama yaitu sebesar 1,5 bambu + 1 (satu) genggam atau 2,5 Kg atau 10 muk susu cap bendera /jiwa.

Jika dikeluarkan dengan uang, maka disesuaikan dengan harga beras yang di konsumsi dengan 5 kategori yaitu beras kelas I, senilai Rp 32.000 perjiwa, untuk jenis beras kelas II Rp 30.000/jiwa, untuk jenis beras kelas III Rp 29.000/jiwa, untuk jenis beras kelas IV Rp 27.000/jiwa dan untuk jenis beras Kelas V Rp. 25.000/jiwa.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00