Dinas Dikbud Sangihe gelar O2SN tingkat Kabupaten diikuti Siswa SD dan SMP.

KBRN Tahuna : Setelah sempat terunda akibat pandemic covid 19, Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) di gelar di Kabupaten Kepulauan Sangihe untuk cabang olahraga Karate dan Silat. O2SN tingkat Kabupaten menjadi  wadah meningkatan minat bakat generasi muda utamanya siswa Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama.  Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dinas Dikbud) Daerah Kepulauan Sangihe Dra Aneke Daredas MPd ditemui diselah-selah pelaksanaan lomba mengatakan pelaksanaan O2SN menjadi agenda rutin secara berjenjang tingkat Kabupaten Propinsi dan Nasional.

“ Ya hari ini di mulai O2SN untuk Cabang Olahraga (Cabor) Karate dan besok Cabor Silat, ini sebetulnya agenda rutin namun sebelumnya terkendala covid, syukur tahun ini dapat terlaksana. “  Siswa yang terpilih atau meraih prestasi terbaik akan terutus mewakili Sangihe pada iven tingkat Propinsi sebelum mewakili Sulawesi Utara di tingkat Nasional.  “ Jadi Siswa yang juara akan mengikuti pelaksanaan O2SN tingkat Propinsi, “ jelas Daredas. Pelaksanaan tingkat Propinsi atlet yang juara akan mengirim video ke pusat prestasi nasional Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang akan melakukan penilaian. Sementera itu salah satu orang tua atlet Karate Erastus Tambanaung memberi apresiasi atas digelarnya O2SN.

“ Tentunya sebagai orang tua menyambut baik pelaksanaan kegiatan O2SN, ini menjadi wadah dalam mengasa kemampuan anak didik. “   lomba yang dilaksanakan di Pendopo Dinas Dikbud Sangihe selama 2 hari 16 hingga 17 Juni 2022 sangat positif dalam rangka pengembangan talenta anak didik.  “ Saya menyarankan agar pelaksanaan kegiatan seperti ini tidak saja melalui O2SN saja tetapi bakal ada iven olahraga tingkat Kabupaten secara periodic dan berkesinambungan di gelar di Sangihe, “ sambung Tambanaung.  Pemenang dalam pelaksanaan O2SN untuk cabang Karate masing-masing tingkat Sekolah Dasar Putra Alfatin Nontah dan Putri Silia Lombongadate sedangkan Untuk Siswa SMP Putra Yeskri Markus dan Putri Blessy Tatali setelah berhasil mengalah lawan-lawannya hingga ke babak Final. (Ant)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar