Ukur Kemampuan Fisik Prajurit, Kodim 1301/Sangihe Gelar Samapta Periodik Semester ll

KBRN, Tahuna : Seluruh anggota Kodim 1301/Sangihe mengikuti tes Samapta periodik semester ll tahun 2021, di Lapangan Gesit Tahuna Kel. Sawang bendar Kecamatan Tahuna, Kamis (28/10/2021).

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf Kodim 1301/Sangihe Mayor Inf Rasmul Tamalawe  tersebut, dilaksanakan untuk mengukur dan meningkatkan sejauh mana kemampuan seorang prajurit selama berlatih pembinaan fisik di satuannya. 

Kegiatan semapta di awali dari pemeriksaan tahap awal, seperti tensi darah, pengecekan denyut nadi, dan peregangan juga dilakukan untuk mendukung kelancaran dan keamanan dalam pelaksanaan kegiatan semapta tersebut.

Sebelum pelaksanaan semapta dimulai, Tim Jasmani Korem 131/Santiago, Serma Salmon memberikan pengarahan singkat kepada para peserta semapta, " dalam pelaksanaan Samapta Periodik Semester ll ini agar benar-benar memperhatikan faktor keamanan, serta tetap memperhatikan prosedur protokol kesehatan agar tetap menjaga jarak satu sama lain, sehingga dalam pelaksanaannya dapat berjalan aman dan lancar," arahannya kepada para peserta semapta. 

Dari penjelasan Serma Salmon juga, tes Kesegaran A ialah tes lari dengan waktu tempuh selama 12 menit. Kemudian dilanjutkan dengan tes Kesegaran B yaitu pull up, sit up, push up, lunges, dan shuttle run, setelah itu dilanjutkan tes ketangkasan renang dengan jarak 50 meter," imbuhnya.

Pada kegiatan itu, Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1301/Sangihe Mayor Inf Rasmul Tamalawe menjelaskan, bahwa Pelaksanaan Garjas samapta periodik ini adalah salah satu program dari komando Atas yang harus di laksanakan oleh semua prajurit. Selain sebagai tolok ukur kemampuan fisik untuk menunjang kesiap siagaan satuan, Tes Samapta ini juga sebagai sarana untuk menjaga kebugaran jasmani demi tercapainya pelaksanaan tuntutan tugas kedepan secara maksimal,"

" Pelaksanaan Garjas periodik ini dibagi menjadi dua gelombang, yang pertama dilaksanakan pada hari ini dan pelaksanakan gelombang kedua akan dilaksanakan besok, dimaksudkan agar pelaksanaan maksimal, dan bagi prajurit yang terlibat dinas dalam hari ini melaksanakan semapta besok," Pungkas Kasdim.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar