Dukung Ketahanan Pangan di Wilayah, Koramil 1301-07/Tabut Siapkan Lahan Demplot

KBRN, Tahuna : Perkuat ketahanan pangan di wilayah, Koramil 1301-07/Tabut mengerahkan personel Babinsa untuk membuka lahan Demplot pertanian tanaman cabai yang berlokasi di Kampung Raku Kecamatan Tabukan Utara, Rabu (29/06/2022). 

Penyiapan lahan Demplot di seluruh Koramil jajarannya tersebut, merupakan salah satu upaya Kodim 1301/Sangihe dalam mendukung program ketahanan pangan, melalui pengolahan lahan tidur sekitar menjadi lahan produktif dan bermanfaat untuk masyarakat. Nampak terlihat personil Babinsa Koramil 1301-07/Tabut tengah sibuk memasang Mulsa Plastik pada bedeng-bedeng yang sudah di siapkan untuk tanaman cabai. 

"Saat ini kita tengah menyiapkan lahan, dengan pemasangan mulsa plastik di tiap-tiap bedeng yang telah kita siapkan. Selain mendukung ketahanan pangan kegiatan ini juga sebagai sarana pembelajaran dan pelatihan bagi para Babinsa untuk di kembangkan kepada masyarakat di wilayah," ungkap Serma Philip Umbur. 

"Pemasangan mulsa plastik ini sangat baik untuk mempercepat masa panen dan tentunya hasilnya pun akan meningkat, dengan adanya mulsa plastik ini penggunaan air lebih hemat karena dapat mengurangi penguapan air atau evaporasi, serta meningkatkan efisiensi penggunaan nutrisi pada tanaman terutama pada zona akar, sehingga unsur hara pupuk lebih diminimalisir karena aliran air tertahan oleh plastik mulsa ini," 

"Dengan adanya lahan demplot ini kita berharap dapat menjadi contoh kepada masyarakat dalam pengembangan tanaman cabai, yaitu melalui demonstrasi penanaman yang kita lakukan sehingga dapat di jadikan acuan untuk dapat dikembangkan oleh masyarakat," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar