Dumuhung Tunjang Program BABS

KBRN, Tahuna : Tunjang program Buang Air Besar Sembarangan/BABS, pemerintah kelurahan Dumuhung Tahuna Timur bangun jamban bagi warga kurang mampu.        

Lurah Dumuhung Ahnita Maradung menyatakan, sasaran pembuatan jamban bagi warga di wilayah yang dipimpinnya untuk membantu warga yang kurang mampu.   

Bersama dengan Ketua LPM pihak kelurahan melakukan pendataaan rumah warga yang belum memiliki jamban.  

Dari hasil pendataan tersebut terdata 4 keluarga yang tidak memilikki jamban.  Langkah yang dilakukan pihak kelurahan memfasilitasi dan melakukan komunikasi dengan ketua RT menggunakan alat sederhana membangun jamban.  

   "Lokasi 4 keluarga ini ada di RT 05, RT 04, RT 11 dan RT 12.  Jadi itu yng boleh kami fasilitasi secara gotong royong tinggal menuggu verifikasi dari dinas kesehatan" jelas Maradung.

Sementara itu Ketua LPM kelurahan Dumuhung Jumrat Tampilang menyatakan, ide membuat jamban sederhana karena mengingat masyarakat miskin sulit membuat jamban dengan ukuran standart.  Jamban sederhana ini membutuhkan satu buah drum, semen 15 kilogram dan  kloset buat sendiri.   

Jamban yang dibuat penggunannya bisa mencapai 15 tahun bahkan lebih tergantung kondisi tanah.

"Dan apa namanya teknologi tepat guna hanya 1 buah drum dan semen 15 kilogram kloset buat sendiri tranfer teknologi.  Sesuai hasil pengamatan di kampung Talengen 15 tahun mungkin lebih tergantung situasi tanah" ungkap Tampilang.

Kedepan pihaknya akan mengebangkan teknologi menuju jamban standart dan akan di uji coba di RT 5 kelurahan Dumuhung Tahuna timur sekaligus tunjangprogram stop buang air besar sembarang tempat. ALX

  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00