Kabid Persampahan Dinas LH Sangihe : Sampah Rumah Tangga Jadi Prioritas.

KBRN, Tahuna   :   Ketua LSM Kelomasperak Wasti Kamurahan menegaskan pengangkutan sampah jangan hanya sampah rumah tangga tetapi semua yang masuk ketegori sampah harus diangkut.    

Ketua LSM Kelomasperak Wasti Kamurahan menyatakan, penanganan masalah sampah menjadi tugas pokok dan fungsi Dinas Lingkungan Hidup melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait pemilahan sampah.   Menurut Wasti Kamurahan sampah yang membutuhkan wadah yakni sampah rumah tangga.  Persoalaan yang terjadi dilapangan ungkap Wasti Kamurahan dirinya pernah berkordinasi dengan Bidang Persampahan Dinas Lingkungan Hidup bahwa mereka hanya mengangkut sampah rumah tangga.

“Dan keterangan yang sempat kami konfirmasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Bidang Persampahan mereka hanya mau angkat sampah rumah tangga pertanyaan di sini kalau hanya sampah rumah tangga yang diangkut terus sampah ranting pohon dan lain-lain akan dikemanakan dan itu tanggungjawab siapa sedangkan ada larangan untuk membakar sampah masyarakat bigung mau ikut yang mana. “tegas Ketua LSM Kelomasperak Wasti Kamurahan.

Sementara itu Kepala Bidang Persampahan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sangihe Sangihe Yan Anderson Makahingide menyatakan, yang ditanagani terkait pengakutan sampah yakni sampah rumah tangga dan sejenis rumah tangga.  Terkait dengan sampah spesifik tegas Yan Anderson Makahinginde harus ada lahan khusus dan pengelolah khusus. 

“Jadi yang kita tangani di sini adalah sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga ada sampah spesifik sebetulnya dia harus ada lahan khusus dan pengelolah khusus. “tegas Kabid Persampahan Yan Anderson Makahingide.     

Dipihak lain Wasti Kamurahan berharap Dinas Lingkungan Hidup segera memperbaiki armada pengangkut sampah yang rusak sehingga kegiatan pengangkutan sampah tidak terganggu.  (ALX)         

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar