Mewarnai peringatan Hari lahir Pancasila dan Bulan Bungkarno digelar berbagai lomba tingkat Taman Kanak-kanak hingga SMP.

KBRN Tahuna : Dalam rangka Bulan Bungkarno Peringatan Hari lahir Pancasila, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dinas Dikbud) Daerah Kepulauan Sangihe menggelar berbagai lomba salah satunya Lomba mengucapkan pancasila tanpa teks tingkat Taman Kanak-kanak hingga Sekolah Dasar.  Penjabat Bupati dokter Rini Tamuntuan pada acara yang digelar di Pendopo Dinas Dikbud Sangihe mengatakan kegiatan lomba yang dilaksanakan sesungguhnya sebagai upaya mewariskan nilai-nilai Pancasila bagi anak-anak usia sekolah terutama dari TK hingga SMP.

“ Kegiatan hari ini memang sangat penting bagaimana kita menanamkan nilai-nilai Pancasisla bagi anak-anak didik kita, sebab mereka merupakan penerus cita-cita bangsa. “  Kegiatan ini dinilai penting agar nilai-nilai Pancasila dapat ditanamkan sejak dini bagi generasi penerus bangsa.  Selain menjadi wadah aktualisasi pengembangan minat bakat kreativitas siswa berbagai lomba yang digelar memberi output terhadap pengamalan Pancasila sebagai dasar Negara.

“ Saya harap ini tidak saja dalam kegiatan lomba namun bagaimana kita konsisten untuk menyampaikan kepada anak-anak didik tentang nilai-nilai Pancasila yang merupakan dasar Negara kita. “  Sementara itu Ketua Panitia Aneke Daredas dalam laporannya menjelaskan beberapa lomba yang digelar diantaranya Festifal dan lomba seni siswa nasional jenjang SD dan SMP, pengucapan Pancasila TK dan SD.

“ Ini merupakan program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melalui Bidang pembinaan SMP dan SD, sebagai wadah untuk pengembangan minat bakat bagi anak didik. “  Peserta untuk Festival dan lomba seni siswa nasional menyanyi tunggal SD berjumlah 11 peserta dan tingkat SMP menyanyi tunggal 25 siswa. Pengucapan Pancasila tanpa teks untuk anak TK dan SD masing-masing 15 peserta, selain itu juga digelar lomba seni tari, pantomime dan gambar bercerita.  Pembiayaan kegiatan selain teranggarkan dari dana APBD di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah juga di tunjang sponsorship dari pihak Perbankan. (Ant)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar