Marthen Singal : Sangihe Ketergantungan Pasokan Dari Manado

KBRN, Tahuna    :    Sampai kapanpun, Kabupaten Kepulauan Sangihe sangat bergantung pasokan bahan penting strategis dari luar daerah.   

Pasokan bahan penting strategis dari Kota Manado ke Kabupaten Kepulauan Sangihe sampai kapanpun tidak bisa ditekan.   Penegasan ini disampaikan pengusaha dan pedagang Barito pasar Towo’e Tahuna Marthen Singal pada acara ruang publik RRI Tahuna selasa 21 Juni 2022.      Alasannya karena mata rantai pasokan bahan penting strategis rempah-rempah dan sayur mayur dari Manado ke Kabupaten Sangihe tidak bisa ditekan//   Disamping itu tegas Marthen Singal Dinas teknis dinilai tidak serius mengurus masalah pertanian.  

“Sebab mata rantai untuk pasokan bahan penting strategis ini tidak bisa dihindari dan tidak bisa ditekan bahkan dipastikan sampai kapanpun sampai negeri ini berakhir tidak ditekan kecuali menyesuaikan dengan kebutuhan. “tegas Marthen Singal.      

Menurutnya yang bisa tumbuh di tanah Sangihe untuk jenis sayuran hanya buncis dan ketimun jepang sementara rica dan tomat tumbuh subur dan bisa dipasarkan di Sangihe.    Namun yang menjadi kendala ungkap Marthen Singal terkait penyuluh pertanian dimana tugas pokok dan fungsi penyuluh pertanian memberikan edukasi kepada petani tanaman pangan untuk bisa menjaga dan merawat dan bercocok tanam yang baik supaya bisa meningkatkan produksi petani di Sangihe.    (ALX)   

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar