Pengamat Gunung Awu Subhanrio Status Gunung Api Awu masih level 3 Siaga.

KBRN Tahuna : Gunung Aktif di Sangihe gunung Api Awu ditingkatkan statusnsya menjadi Level 3 Siaga mengacu peningkatan aktivitas vulkanologi sesuai catatan Seismograf. Peningkatan aktivitas gunung api Awu selang beberapa pecan terakhir tetap dipantau oleh petugas pengamat Gunung Api Awu dan diminta tidak terlalu panic apalagi percaya dengan informasi yang belum dapat dipertanggungjawabkan.   Setiap aktivitas tektonik vulkanologi atau kegempaan tetap dipantau setiap 6 jam setiap hari ungkap Pengamat Gunung Api Awu Subhanrio Kapuyo.

“ Jadi status gunung api Awu saat ini masih di level 3 Siaga dan belum ada peningkatan tetapi pencatatan aktivitas gunung api kami tetap pantau. “  Status gunung Api Awu setelah ditingkatkan masih berada di Level 3 Siaga dan belum ada perubahan mengacu pencatatan aktivitas gunung api awu. Sesuai dengan laporan yang dilakukan setiap 6 jam pencatatan aktivitas gunung api awu sejak sabtu hingga minggu 9 kali tektonik jauh, 4 kali vulkanik dalam dan 3 kali vulkanik dangkal berubah dihari minggu menjadi 9 kali tektonik jauh, 8 kali vulkanik dalam dan 5 kali vulkanik dangkal.

“ Hari sabtu dan hari minggu memang ada peningkatan, untuk status di level 3 ini masyarakat tidak diperbolehkan melakukan aktivitas di radius 3,5 KM dari puncak gunung. “ Dengan peningkatan aktivitas gunung api awu untuk status level 3 siaga masyarakat tidak mendekati radius kurang lebih 3 koma 5 Kilo meter dari puncak gunung. Selain itu masyarakat diminta tetap waspada jika sewaktu-waktu ada perubahan peningkatan aktivitas gunung api Awu.  Disisi lain selaku petugas pengamat gunung Api Awu tetap akan menginformasikan bersama stekholder terkait jika terjadi perubahan status dari level 3 siaga. (Ant)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar