Dirjen Bina Pemdes Gelar Tatap Muka Bersama Kepala Kampung se Sangihe

KBRN, Tahuna : Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Bina Pemdes Kemendagri) Yusharto Huntoyungo menyambangi Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jumat (13/5).

Kedatangan Dirjen di Bumi Tampungang Lawo ini tak lain untuk bertatap muka dengan Bupati Jabes Gaghana dan Para Kepala Kampung yang ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe. 

Bupati dalam sambutannya mengatakan, kedatangan dirjen dan rombongan ini khusus untuk memantau dan meninjau tentang kondisi pembangunan desa yang dikelolah oleh Kapitalaung (Kepala Desa), dalam rangka untuk kemajuan daerah melalui program pemerintah desa.

“Ini sangat luar biasa, kedatangan pak Dirjen hanya untuk bertemu dengan bapak ibu Kapitalaung untuk memberi perhatian khusus untuk kemajuan daerah yang kita cintai bersama ini. Sehingga saya berharap apa yang disampaikan pak Dirjen agar benar-benar diikuti dengan baik,” ungkap Gaghana. 

Sementara itu, Dirjen Bina Pemdes Kemendagri Yusharto Huntoyungo mengungkapkan, pada kesempatan tersebut dirinya sangat berbahagia bisa bertatap muka dengan Kapitalaung di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

“Di setiap kesempatan berkunjung ke provinsi atau kabupaten, kami selalu berusaha untuk sampai ke desa untuk bisa melihat serta berdiskusi dan mendengarkan keluhan-keluhan yang berkaitan dengan penerapan kebijakan yang dikeluarkan oleh Kemendagri khususnya Ditjen Bina Pemdes,” kata Yusharto.

Menurutnya, tugas dan fungsi Dirjen Bina Pemdes ini berdasarkan penugasan yang diberikan Presiden kepada Mendagri yang utama itu adalah merumuskan kebijakan yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan desa. 

“Seperti contoh apakah dalam menghadapi 2024 kita akan melakukan moratorium untuk pemilihan kepala desa dan pemekaran desa atau tidak. Inu merupakan salah satu contoh dari kebijakan yang sedang kami godok saat ini dan segera kita akan coba sampaikan kepada kepala desa, ataupun seharusnya  seperti apa sehingga kita harus tetap selalu bersinergi,”pungkas Dirjen. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar