Update Covid 19 Sulut Tambah 21 Kasus Baru, Termasuk WNA Philipina!

KBRN, Tahuna : Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Sulawesi Utara memberikan informasi terkini terkait kondisi epidemiologis COVID-19 di Provinsi Sulawesi Utara, Jumat (28/1/22).

Kepala Seksi Imunisasi dan Surveilance Dinkesda Provinsi Sulut Merry Pasorong melalui siaran pers satgas covid sulut menerangkan update pertambahan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 Sulut hari ini ( Jumat-red) sejumlah 21 kasus. Sedangkan hasil testing di Bandara Sam Ratulangi per hari ini sebanyak 14 Positif antigen dilanjutkan PCR.

" 21 Kasus masing - masing Bitung 1,Minahasa Utara 1, Manado 9,Minahasa 4, Bolaang Mongondow Timur 1 dan Luar wilayah 5 kasus. Khusus luar wilayah iya benar salah satunya adalah WNA asal Philipina yang sempat mampir di Sangihe" Imbuhnya

Sedangkan untuk pertambahan kasus sembuh adalah sebanyak 5 kasus, dan tidak ada kasus meninggal dunia. 

Dalam siaran pers menyatakan saat ini telah terdeteksi 4 (empat) kasus varian Omicron di Provinsi Sulawesi Utarayang merupakan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) yang tiba di Sulawesi Utara pada akhir Desember 2021. Keempat kasus tersebut saat berstatus sebagai probable Omicron diisolasi di RSDL Kitawaya. 

Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Sulawesi Utara baru merilis keempat kasus tersebut sebagai kasus varian Omicron karena hasil Whole Genome Sequencing (WGS) baru diterima dari Balitbangkes Kemenkes RI. Sebelum hasil resmi keluar dari Balitbangkes, keempat kasus tersebut telah dinyatakan sembuh dan selesai menjalani isolasi dengan hasil PCR Negatif. 

Masyarakat kembali diingatkan agar disiplin dan ketat dalam menjalankan Protokol Kesehatan, termasuk mengurangi kerumunan dan menghindari mobilisasi keluar rumah jika tidak terlalu penting. Selanjutnya segera menerima vaksin dosis lengkap (2 dosis) dan dosis booster/dosis 3 jika sudah memenuhi kriteria booster, yaitu jarak dari dosis 2 ke dosis 3 adalah minimal 6 bulan.  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar